Bungkam Hongkong 3-1, Indonesia Juara Grup A

Stefano Lilipaly (10) menjadi bintang Indonesia dalam pertandingan sepak bola Indonesia vs Hongkong dengan dua assist dan 1 gol. Foto: Ist

Jakarta, Kabarserasan.com — Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, Timnas Indonesia U-23 akhirnya berhasil menekuk timnas U23 Hongkong 3-1 dalam babak penyisihan cabang sepak bola Asian Games 2018.

Di babak pertama, anak asuh Luis Milla kesulitan menghadapi Hongkong yang bermain dengan kolektifitas yang sangat baik. Bahkan Indonesia nyaris tak memiliki peluang berarti.

Saat tengah berusaha mencetak gol, Indonesia justru kebobolan. Pelakunya adalah Lau Hok Ming. Pada menit ke-38, gelandang Hongkong itu berhasil memanfaatkan kelengahan Hansamu Yama dkk di garis pertahana Indonesia.

Berawal dari umpan Wu Chun Ming dari sebelah kanan pertahanan Indonesia, Hok Ming yang tak terjaga, sambil menjatuhkan diri berhasil menyundul bola ke arah gawang yang dijaga Andritany. Gol itu bertahan hingga peluit babak pertama dibunyikan wasit.

Dibabak kedua, Indonesia U_23 langsung menekan pertahanan Hongkong. Hasilnya, pada menit kedua, Irfan Jaya sukses membobol gawang Hong Kong setelah menerima umpan terobosan Stefano Lilipaly.

Gol Irfan membuat Indonesia U-23 tampil garang. Meski pertahanan Hongkong U-23 cukup solid, Indonesia cukup banyak memperolh peluang.

Terus menekan, Indonesia U-23 akhirnya berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-86. Berawal dari umpan Rezaldi, melakukan dummy cantik dan meloloskan bola untuk Lilipaly.

Lilipaly yang menerima umpan cantik Beto Goncalves, kemudian dengan cerdik melewati Vasudeva Nunez dan menaklukkan kiper Ho Chun Yuen dengan tendangan keras kaki kanannya. 2-1 untuk Timnas Indonesia U-23.

Tertinggal satu gol, Hongkong U-23 berusaha menekan untuk menyamakan kedudukan. Bukan gol yang didapat, anak asuh Kar Lok Kenneth Kwok justru kebobolan lagi.

Hanif Sjahbandi yang masuk menggantikan Febri Haryadi berhasil menecetak gol untuk memantapkan kemenangan saat injury time babak kedua berjalan empat menit. Hanif sukses meneruskan umpan silang Lilipaly dari sisi kanan. Skor 3-1 untuk Garuda Muda bertahan hingga akhir laga.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-23 menjadi juara Grup A dengan koleksi sembilan poin. Selajutnya akan menjajal Timnas UAE U-23 pada babak 16 besar yang dijadwalkan Jumat mendatang.

Susunan pemain

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Rezaldi Hehanusa; Zulfiandi, Evan Dimas; Febri Hariyadi (Septian David Maulana, 80′), Stefano Lilipaly, Irfan Jaya (Saddil Ramdani, 60′); Beto Goncalves.

Timnas Hong Kong (3-5-2): Ho Chun Yuen; Wang Kit Tsui, Lau Hok Ming, Vasudeva Nunez; Ka Wai Lam, Wu Chun Ming, Chun Lok Tan, Hin Ting lam, Hiu Chung Law; Wai Keung Chung, Matthew Elliot Orr. (amr)

Leave a Reply