Sepak Bola Asian Games: Indonesia Tekuk China Taipeh 4-0

Foto: Antara.com

Bekasi, Kabarserasan.com — Tim nasional U-23 Indonesia tampil gemilang dalam laga perdananya di Grup A cabang olahraga sepak bola putra Asian Games XVIII 2018, di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/08/2018).

Anak asuh Luis Milla ini berhasil mengalahkan timnas U-23 Chinese Taipei dengan skor telak 4-0, melalui 2 gol Stefano Lilipaly (di menit ke-67 dan 76), Alberto Goncalves (71) dan Muhammad Hargianto di menit terakhir tambahan waktu.

Dengan kemenangan itu Indonesia untuk sementara berada di posisi kedua Grup A dengan tiga poin, di bawah Palestina yang sudah mengantongi poin empat dari dua pertandingan. Poin Indonesia sama dengan Hong Kong, namun karena unggul selisih gol, Indonesia berada diposisi kedua.

Dibabak pertama, Indonesia tak mampu mencetak gol, karena disiplin dan ketatnya pertahanan China Taipeh. Meski Indonesia berhasil mencipta beberapa peluang, namun tak satu berbuah gol.

Memasuki babak kedua permainanan Indonesia membaik. Febri Haryadi dkk terus menggempur Chinese Taipei, Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-67 melalui Stefano Lilipaly. Dia berhasil meyundul bola umpan Febri Hariyadi dari tendangan bebas.

Gol kedua Indonesia yang dicetak Alberto Goncalves pada menit ke 71, hasil kerjasama yang apik. Berawal dari serangan balik cepat, Zulfiandi mengirimkan bola pendek kepada Stefano Lilipaly. Dengan skill yang tinggi dia menyodorkan umpan terukur kepada Alberto Goncalves yang berhasil mengonversinya menjadi gol.

Lima menit kemudia, Lilipaly kembali mencetak menambah gol untuk Indonesia. Pemain naturalisasi ini mencetak gol dengan salto, setelah menerima umpan silang Rezaldi Hehanusa dari sisi kanan pertahanan Chinese Taipei. 3-0.

Hargianto yang masuk menggantikan Evan Dimas di babak kedua, juga mencatatkan namanyo di papan skor. Tendangan jarak jauh yang dia lakukan tak mampu diamankan kiper China Taipeh Pan Wanchieh sekaligus menutup laga. 4-0 untuk Indonesia. (amr)

Susunan pemain:

Timnas U-23 Indonesia: Andritany, Putu Gede Juni Antara, Zulfiandi, Evan Dimas (68′, Muhammad Hargianto), Muhammad Rezaldi Hehanusa, Alberto Goncalves (83′, Ilham Udin), Stefano Liliypaly, Febri Hariadi, Ricky Saputra, Hansamu Yama (kapten), Irfan Jaya (60′, Saddil Ramdani).

Timnas U-23 Chinese Taipei: Pan Wanchieh, Wang Ruei, Chen Tingyang (kapten), Hsiangche Huang (70′, Chen Shengwei), Chiahuang Yu, Lee Hsiangwei (72′, Wei Maoting), Chen Chaoan, Chen Hungwei, Chao Mingsu, Hsu Hungchih, Tu Shaochieh (83′, Wu Yenshu).

Leave a Reply