Puluhan Mobil Truk Batubara Dirusak Massa, Kapolda Datangi TKP

Cegah bentrok, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS datangi lokasi keributan warga dengan sopir truk batubara. Kabarserasan.com/azi

JAMBI, Kabarserasan.com — Diduga melanggar kesepakatan antara warga dan pengusaha batubara, puluhan mobil truk pengangkut batubara diamuk massa diperbatasan Kota Jambi menuju jalan ke pelabuhan Talangduku, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Minggu (12/8/2018).

Tak pelak, puluhan mobil truk pengangkut batubara tersebut rusak parah, kaca depan pecah berserakan dan tidak dapat melanjutkan perjalanan lagi.

Suasana pun sempat mencekam, lantaran warga terlihat membawa kayu dan menghadang jalan. Menurut warga, mereka jengkel dengan ultah pengendara mobil batubara yang tidak mengikuti aturan.

“Memang mobil batubara ini, dak mau ikut aturan. Sudah dibilang jangan lewat diatas jam 6 pagi masih juga lewat,” teriak salah seorang warga dikerumunan massa.

Dari informasi yang diperoleh, awalnya sejumlah mobil batubara melintas di jalan diatas pukul 6 pagi. Namun, ratusan warga yang kesal dan berkumpul minta mobil truk batubara untuk berputar arah.

Tetapi, peringatan warga justru tidak diindahkan para sopir truk batubara. Bahkan ada mobil yang dengan sengaja menerobos barisan warga sehingga memicu emosi massa.

Kericuhan tidak dapat dihindari. Massa yang marah dengan membabi buta menghancurkan mobil batubara dengan menggunakan kayu, besi dan lain sebagainya. Akibatnya disepanjang jalan bertaburan pecahan kaca mobil.

“Kesabaran kami sudah habis. Emang ini nian kendaknya,” ujar salah satu warga.

Kapolres Muarojambi AKBP Mardiyono yang berada di TKP mengakui, awal mula terjadinya keributan berasal dari sopir batubara yang menerobos lewat. Padahal, warga sudah mengingatkan agar tidak melintas. “Ada sekitar 20 mobil truk batubara yang rusak akibat kejadian tersebut,” ungkapnya.

Tidak itu saja, Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro langsung turun tangan untuk melerai perselisahan antara warga dan sopir batubara. “Mobil batubara tidak boleh lewat dulu. Selain itu, warga jangan terpancing,” tutur Bupati.

Sementara Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS berharap masing-masing pihak agat tidak terprovokasi dan menahan diri jaga kondusifitas. “Rencananya, besok akan segera dilaksanakan rapat terpadu membahas penyelesaian masalah ini,” ujar Muchlis yang berada di TKP.

Akibat kejadian itu, sekitar 20 mobil truk batu mbara rusak parah. Hngga saat ini, puluhan polisi terus berjaga jaga mengamankan lokasi kejadian.(Azi)

Leave a Reply