Peringati HUT RI ke-73, Warga Jambi Arak Bendera Raksasa

Bendera Merah Putih Sepanjang 240 M diarak massa. Kabarserasan.com.azi

JAMBI, Kabarserasan.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 73 tahun 2018, ada-ada saja yang dilakukan warga.

Buktinya, ribuan warga Kabupaten Bungo, Jambi bersama anggota Kodim 0416/Bute, Polres Bungo, perwakilan OPD, Persit KCK Kodim Bute, ibu-ibu Bhayangkari, TP PKK dan sejumlah elemen lainnya mengarak bendera merah putih sepanjang 3X240 meter dengan berat 100 kg.

Dengan cara bergotong-royong, ribuan warga Bungo tersebut membawa bendera merah putih keliling Kota Muara Bungo. Mulanya, arakan dimulai dari area car free day depan Rumah Dinas Bupati Bungo, melewati SMPN 1 Muara Bungo, hingga depan Makodim 0416/Bute.

Selanjutnya, bendera bergeser ke lapangan Pusparagam Semagor menuju depan Bank Jambi, hingga finis kembali ke depan Rumdis Bupati Bungo.

Bupati Bungo H Mashuri, sangat bangga bisa memeriahkan HUT RI ke 73 semeriah ini. Padahal, katanya, untuk persiapan kirab bendera ini sangat singkat. Hanya satu pekan dan pembuatan bendera itu hanya dilakukan dalam waktu 3 hari.

“Meski persiapannya singkat, saya sangat bangga karena masyarakat Kabupaten Bungo antusias mengikuti kirab ini. Ini adalah salah salah satu bentuk bahwa masyarakat Bungo memiliki kecintaan yang tulus kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan bangsa Indonesia,” tukas Bupati.

Hal serupa diungkapkan Dandim 0416/Bute Letkol Inf Wahyu HS, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk rasa kecintaan kepada para pejuang bangsa dan negara.

Selain itu, tambahnya, ini mengingatkan jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan merah putih dalam mengibarkan bendera di Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Dan bendera raksasa ini, baru kali ini dilakukan di Kabupaten Bungo, bahkan di Provinsi Jambi,” tegas Dandim.

Salah seorang warga Bungo, Malpin mengakatan, ini sangat luar biasa bendera merah putih terpanjang itu diarak keliling Kota Muara Bungo.

“Saya selaku masyarakat sangat bangga dan senang merah putih raksasa berkibar di bumi langkah serentak limbai seayun bungo,” ungkapnya. (azi)

Leave a Reply