Piala AFF U-16: Dua Penyelamatan Ernando Bawa Indonesia Juara

Kiper Timnas U-16 Indonesia Ernando Ari. Foto: Jawa Pos

Sidoarjo Kabarserasan.com — Kiper Timnas U-16 Indonesia Ernando Ari menjelma jadi pahlawan Indonesia dalam final Piala AFF U-16 yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018).

Dua penyelamatan yang dilakukan Nando saat adu penalti, membuat Indonesia juara. Nando dengan gemilang mementahkan eksekusi Apidet Janngam dan Pongsakorn Innet, sehingga Indonesia unggul 4-3 (1-1) atas Thailand.

Sedangkan empat algojo Indonesia, yakni Sutan Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, dan David Maulana mampu menunaikan tugasnya dengan sempurna. Indonesia pun mencetak sejarah dengan gelar perdana di Piala AFF U-16 ini.

Capaian terbaik Timnas Indonesia pada Piala AFF U-16 sebelumnya adalah mencapai final turnamen 2013. Sementara Thailand masih berstatus pengoleksi gelar terbanyak bersama Vietnam dengan tiga gelar (2007, 2011, 2015).

Kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal. Indonesia unggul terlebih dahulu lewat sentuhan Fajar Faturachman pada menit ke-32. Namun, Thailand kemudian membalas lewat Apidet Janngam pada menit ke-71. Pertandingan akhirnya harus berlanjut ke babak adu penalti. (amr)

Leave a Reply