Siapkan RPJMD, Pemkab Muara Enim Gelar Diskusi

Kepala Bappeda Muara Enim M. Nadjib memberikan sambutan dalam acara Focus Group Discussion terkait RPJMD Kab Muara Enim 2018-2023 Kamis (9/8/2018). Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Dalam rangka mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Muara Enim tahun 2018-2023,
Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Focus Group Discussion (FGD), Kamis (9/8/2018).

Acara yang dilaksanakan dengan agenda mendengarkan paparan visi, misi dan program Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim terpilih itu, dipusatkan di ruang rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim.

Kepala Bappeda Muara Enim M. Najib dalam sambutannya menyampaikan, FGD tersebut agar visi, misi dan program strategis kepala daerah terpilih dapat menjadi bahan masukan dalam penyusunan dokumen RPJMD sebagai amanat Permendagri nomor 86 tahun 2017.

Dijelaskan oleh Najib, RPJMD yang disusun tahun ini, merupakan tahapan ketiga dan keempat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Muara Enim tahun 2005-2025. RPJPD ungkapnya merupakan dokumen induk perencanaan pembangunan daerah, memuat visi, misi, dan arah kebijakan yang digunakan sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah untuk masa waktu 20 tahun.

Pj Bupati Muara Enim Teddy Meilwansyah dalam sambutannya mengatakan, sesuai Perda Kabupaten Muara Enim nomor 8 tahun 2008 tentang RPJPD, visi kabupaten Muara Enim adalah Kabupaten yang Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahterah, yang dinyatakan dengan 8 misi dan 24 sasaran pembangunan.

“Visi dan misi pembangunan 20 tahun tersebut diwujudkan secara bertahap dalam empat tahapan pembangunan jangka menengah. Untuk tahun 2018-2023 ini berada di tahap ke-3 dan ke-4 RPJPD tahun 2005-2025,” papar Teddy.

Dipaparkan Teddy, prioritas RPJMD 2018-2023 yakni pembangunan pada aspek pengembangan dan pemantapan ekonomi lokal yang kompetitif, memiliki daya saing yang ditopang oleh peningkatan, dan pengembangan kerja sama antara lembaga dan antar-wilayah. “Kemudian peningkatan kualitas sumber daya manusia dan IPTEK, insfratruktur, lembaga pemerintah, sumber penerimaan daerah dan masyarakat,” lanjutnya.

Teddy menambahkan, RPJPD merupakan bagian dari mekanisme, proses, dan tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan lima tahun kedepan yang akan menjadi acuan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim terpilih dalam menjalankan visi, misi, dan program strategisnya untuk membangun kabupaten Muara Enim kedepannya.

“Besar harapan kami kepada Bapak Ahmad Yani dan H. Juarsah selaku Bupati dan Wakil Bupati terpilih dapat memberikan paparan visi, misi, dan program strategis tahun 2018-2023 sebagai acuan dalam penyusunan dokumen RPJMD kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023,” tutupnya.

Hadir pada acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim terpilih Ahmad Yani – Juarsah, FKPD, serta kepala OPD lingkup Pemkab Muara Enim.(ans)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here