KPU Cek Berkas Pendaftaran Dua Pasang Calon Pilpres

Ketua KPU Arief Budiman saat memberi keterangan ke media di Jakarta

Jakarta, Kabarserasan.com—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jumat (10/08/2018) malam menutup pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk bertarung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Penutupan pendaftaran itu dilakukan di hari terakhir pendaftaran, setelah mendaftar dua pasangan calon dan tindak memungkinkan lagi ada pasangan calon ketiga.

“Iya, closed. Tidak ada lagi pendaftaran,” kata Ketua KPU Arief Budiman , Arief Budiman di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Di hari terakhir pendaftaran itu dua pasangan calon mendaftar sebagai dua pasang capres-cawapres yakni Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto- Sandiaga Salahudin Uno. Pasangan pertama mendaftar sekitar pukul 10.00 WIB, sedangkan pasangan kedua mendaftar sekitar tiga jam setelahnya.

Arief mengatakan, setelah pendaftaran ditutup dan menyatakan syarat pendaftaran kedua pasang calon itu terpenuhi, selanjutnya KPU akan memeriksa keabsahan dokumen para kandidat. Seluruh dokumen tersebut akan disatukan dengan hasil pemeriksaan kesehatan para kandidat.

“Nah berikutnya KPU bersama tim teknis pasangan calon akan melakukan proses pemeriksaan keabsahan dokumen. Kalau semua sudah terpenuhi, kita tinggal lengkapi hasil pemeriksaan kesehatan,” tuturnya.

Terkait pemeriksaan kesehatan ini, lanjut Arief, KPU telah memberikan jadwal pemeriksaan kesehatan kepada masing-masing kandidat. Pasangan Jokowi- Ma’ruf akan melakukan pemeriksaan pada Minggu (12/8/2018) dan Prabowo- Sandiaga, Senin (13/8/2018) siang. (Jun)

 

Leave a Reply