Puluhan Marbot Ikuti Seleksi Umroh Gratis PTBA

Salah satu peserta saat mengikuti seleksi umroh gratis yang dilaksanakan oleh PTBA. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — PT Bukit Asam (persero) Tbk (PTBA) menggelar seleksi umroh gratis bagi marbot atau datuk masjid di wilayah kerjanya.

Seleksi yang dilaksanakan selama dua dari itu dilaksanakan di di Masjid Jami’ Bukit Asam Tanjungenim telah dilaksankan sejak kemarin dengan melibatkan Kantor Kemenag dan MUI Muara Enim serta pengurus Masjid Jami’ Bukit Asam.

Sebanyak 64 peserta seleksi merupakan perwakilan masjid yang berada di Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, Kota Muaraenim, serta Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur, Lahat.

SM CSR PTBA, Kanthi Miarso, melalui ketua panitia program umroh gratis, Mustafa Kamal menerangkan, seleksi dilaksanaka untuk memilih peserta yang benar-benar siap melaksanakan ibadah umroh dalam rangka program wisata rohani dari PT Bukit Asam.

Dia menjelaskan, kuota dibatasi hanya 20 orang saja, dan bagi yang tidak lolos seleksi dapat mengikuti kembali pada program selanjutnya.

“Jumlah peserta seleksi ada 64 orang. Mereka ini semuanya marbot atau datuk masjid yang direkomensasi dari Desa dan masjid tempatnya bertugas, ” kata Mustafa di sela kegiatan seleksi, Rabu (1/8/2018).

Dia menerangkan, peserta seleksi ini tergolong masyarakat prasejahtera yang direkomendasi dari pemerintah setempat.

Adapun seleksi yang dilakukan yakni seleksi administrasi serta seleksi praktek ibadah, meliputi kemampuan adzan, kemampuan sebagai imam salat, dan kemampuam baca Al Quran.

“Peserta lolos seleksi akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus, saat upacara HUT Kemerdekaan RI di kantor PTBA,” ungkap Mustafa.

Ustad Farizal Akmal, salah satu juri yang seleksi perwakilan dari Kemenag Muaraenim memuji program PTBA yang menyelenggarakan program umroh gratis bagi marbot atau datuk masjid.

“Baru PTBA yang membuat program umroh gratis bagi marbot masjid ini. Program ini sangat bagus dan mudah-mudahan dapat ditiru oleh pemda dan perusahaan lain,” kata Farizal Akmal.

Sementara itu, Abdul Malik (64), peserta dari Desa Pulau Panggung Kecamatan Tanjung Agung berharap penuh dirinya terpilih menjadi salah satu peserta yang mendapat umroh gratis dari PTBA.

“Melalui kesempatan inilah saya bisa ikut seleksi dan mudah-mudahan doa terkabul,” tukas Malik.(ans)

Leave a Reply