Hantam Kroasia 4-2, Prancis Juara

SelebrasinPemain Prancis foto: The New York Times/James Hill

Kabarserasan.com –– Prancis akhirnya mentahbiskan diri mejadi juara Piala Dunia 2018, setelah dalam pertandingan final yang di gelar di Stadion Luzhniki, Moskow, (15/7/2018) mengalahkan Kroasia 4-2.

Meski mencetak empat gol, sebetulnya Prancis selalu ditekan Kroasia. Permainan sangat jelas didominasi oleh Kroasia yang dimotori Luca Modric. Ini dibuktikan dengan ball possesion yang menunjukkan angka 66% berbanding 34%.

Gol pertama tim yang berjuluk ayam jantan ini berasal dari bunuh diri Mario Mandzukic. Pemain yang berposisi sebagai pemain depan ini, salah mengantisipasi tendangan bebas sedikit di luar kotak pinalti yang dilakukan Antoine Griezmann. Bermaksud menghalau bola, sundulannya jurus mengarah ke gawang. 1-0.

Sepuluh menit kemudian, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan dengan gol indah hasil sepekan Ivan Perisic dimenit ke 28.

Berhasil menyamakan kedudukan tekanan Krosia makin kuat. Namun, justru Prancis yang mencetak melalui gol pinalti Griezmann. Anak asuh Didier Deschamps mendapat pinalti setelah wasit menyaksikan tayang ulang melalui video asisstant referre (VAR).

Hingga jeda skor tak lagi berubah, Prancis unggul 2-1.

Di babak kedua, Kroasia baru terlihat kelelahan sementara Prancis meningkatkan intensitas serangan.

Di babak kedua, Kroasia baru terlihat kelelahan membuat Prancis meningkatkan serangan. Hasilnya pada menit ke 59, Paul Pogba mampu mencetak gol dari luar kotak pinalti, membuat Prancis memperlebar keunggulan. 3-1.

Enam menit kemudian, Prancis kembali memperlebar selisih gol kali ini berkat kaki Mbappe. Meski ditempel Domagoj Vida, pemain berusia 19 tahun ini mampu melepaskan tendangan keras mendatar ke pojok kiri gawang. Danijel Subasic kiper Krosia yang hanya bisa melongo gawangnya bobol lagi.

Kroasia kemudian mendapatkan gol kedua dengan memanfaatkan blunder Hugo Lloris. Menerima sebuah backpass, Lloris coba untuk mengecoh Mandzukic yang memberikan tekanan pada dirinya. Namun bola justru mengenai kaki Mandzukic dan mengarah ke gawang. 4-2.

Setelah mendapat gol kedua, Krosia seakan mendapat angin segar. Gelombang serangan mereka kian deras. Namun lini pertahanan Prancis tetap kokoh, hingga akhir pertandingan tak ada lagi gol tercipta, 4-2 untuk Prancis. (Amr)

Susunan pemain:

Perancis: 1-Hugo Lloris; 2-Benjamin Pavard, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 13-N’Golo Kante, 6-Paul Pogba, 10-Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi; 9-Olivier Giroud

Pelatih: Didier Deschamps

Kroasia: 23-Danijel Subasic; 3-Ivan Strinic, 21-Domagoj Vida, 6-Dejan Lovren, 2-Sime Vrsaljko; 7-Ivan Rakitic, 11-Marcelo Brozovic, 4-Ivan Perisic, 10-Luka Modric, 18-Ante Rebic; 17-Mario Mandzukic

Pelatih: Zlatko Dalic

James Hill for The New York Times

Leave a Reply