Zumi Zola Diadili di Jakarta, Warga Jambi Kecewa

Ketua DPRD Jambi, Cornelis Buston

JambiT, Kabarserasan.com—Masyarakat Jambi yang berharap bisa melihat Gubernur Jambi non aktif, Zumi Zola menjalani proses peradilan di daerah mereka, jadi kecewa, lantaran Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) memutuskan akan mengadili Zumi Zola di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Kepastian itu setelah Pengadilan Tipikor Jambi, menerima informasi terkait sidang gubernur yang mantan artis ini dari Pengadilan Tipikor Jakarta, sebagaimana diungkapkan Humas Pengadilan Tipikor Jambi, Makaroda Hafat kepada sejumlah media, Selasa (10/07/2018).

Namun begitu, Mkaroda belum dapat memberikan keterangan secara resmi terkait surat itu, termasuk soal tanggal pengadilan digelar. “Surat belum di tangan kita, tapi benar informasi tersebut,” tukasnya.

Zumi Zola ditetapkan, 24 Januari 2018 lalu sebagai tersangka bersama Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi Arfan, terkait dugaan keduanya menerima suap Rp 6 miliar dari sejumlah proyek di Provinsi Jambi. Sebelumnya KPK telah menggeledah ruang kerja dan rumah dinas Zola.

Sebelumnya, KPK juga sudah menetapkan seorang anggota DPRD Jambi bernama Supriono sebagai tersangka penerima suap. Uang suap untuk DPRD Jambi ini yang sebelumnya diungkap KPK dengan istilah uang ketok palu.

KPK Periksa Pimpinan DPRD Jambi

Masih dalam kasus ini, Senin (09/07/2018) kemarin, penyidik KPK telah pula memeriksa beberapa pimpinan DPRD Provinsi Jambi, dari Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Wakil Ketua DPRD Jambi AR Sahbandar, Supardi, serta Chumaidi, di Mapolda Jambi.

Kepada sejumlah media, usai diperiksa sejak pukul 11.00 WIB, Cornelis mengaku diperiksa untuk kesaksian gubernur Jambi non aktif Zumi Zola. “Saya diperiksa sejak pukul 11 sampai sekarang untuk pak Zola,” ungkapnya.

Cornelis menambahkan, dirinya diperiksa penyidik KPK dengan 30 pertanyaan. beberapa pertanyaan hanya mempertegas pemeriksaan sebelumnya. “Ada yang mengulang saja pertanyaan dari semuanya,” katanya singkat.

Cornelis juga mengatakan, selain dirinya sebagai Ketua DPRD Provinsi Jambi yang diperiksa, terdapat tujuh anggota DPRD sudah termasuk unsur pimpinan dewan yang ikut diperiksa. “Hari ini ada tujuh orang termasuk saya, Pak AR Syahbandar dan yang lainnya,” tuturnya.

Diakui Cornelis, KPK akan melakukan pemeriksaan sebanyak 14 orang yang terbagi dalam dua sesi yakni, hari ini, Senin dan besok, Selasa (10/9/2018). “Semua 14 orang dibagi dalam dua sesi,” pungkasnya. (azi)

Leave a Reply