Tips Mudik Ala Kapolda Jambi

kapolda Jambi Breigjen Pol Muchlis AS Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Jelang datangnya hari kemenangan umat Muslim, yakni Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, banyak warga yang mudik untuk bersilaturahmi ke sanak keluarganya.

Agar rumah tempat tinggal ditinggal mudik aman, lancar dan selama perjalanan tidak was-was, Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS memberikan sejumlah tips.

Kepada sejumlah media yang mewawancarai, Kapolda mengingatkan, yang mudik ke kampung halamannya dengan menggunakan kendaraan agar memastikan surat kendaraan dalam keadaan lengkap seperti SIM dan STNK.

Selain itu, sambungnya, membawa kelengkapan alat bantu atau seperti ban cadangan, dongrak dan kotak P3K, kemudian lagi taati peraturan lalu lintas dan gunakan sabuk pengaman untuk pengedara kendaram roda empat serta jangan lupa berdoa sebelum berangkat.

“Kepada warga yang akan mudik tahun ini dapat mematuhi imbauan tersebut agar dalam perjalannya bisa lancar dan aman serta sampai pada tujuan,” harap Muchlis, Rabu (13/6/2018).

Bagi warga yang mudik dan meninggalkan rumah tinggalnya selama liburan lebaran tahun, agar mengindahkan imbauan pihak polisi atau petugas di lapangan.

“Untuk yang meninggalkan rumahnya agar mencabut selang tabung gas elpijinya yang ada di rumah dari kompornya, kemudian mematikan air PDAM dan cabut listrik bila tidak diperlukan saat rumah kosong, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tukas Kapolda.

Tips lainnya, sebut Muchlis, pastikan rumah terkunci dengan baik dan titipkan rumah anda kepada ketua RT atau RW, tertangga maupun Bhabinkamtibmas atau Babinsa yang ada disetempat

Kemudian juga, mintalah bantuan kerabat yang tidak mudik untuk memeriksa dan melihat rumah beberapa hari sekali dengan melihat kondisi rumah yang ditinggal mudik.

“Dengan mematuhi semua tips dan imbauan tersebut, mudah mudahan warga yang mudik dapat selamat dalam perjalanan maupun aman meninggalkan rumahnya selama berlebaran di kampung halamannya,” tutur mantan Irwasda Polda Jambi ini. (Azi)

 

Leave a Reply