Sopir Bus AKAP Kaget, BNNK Muara Enim Lakukan Test Urine Dadakan

Tes urine dadakan oleh BNNK Muara Enim. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Muara Enim melakukan tes urine dadakan terhadap supir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di depan pos BM Jembatan Enim II, Jumat (8/7/2018).

Sedikitnya, 35 orang supir bus AKAP beserta kernetnya dites urine oleh BNNK Muara Enim, mulai pukul 8.30 wib.

Satu persatu bus AKAP yang melintas di lokasi itu diberhentikan. Kemudian supir dan kernet bus didata.

Dengan pengawalan ketat petugas BNN, supir dan kenet ini kemudian dibawa ke mobil toilet yang telah disiapkan untuk diambil sample urine nya.

Dari 35 supir dan kernet yang dites urine, satu diantaranya diduga terindikasi Methampetamin dan Ampethamin. Atas dasar itu, kemudian petugas BNN langsung melakukan penggeledahan bus yang bawanya.

“Kegiatan ini untuk menjamin keamanan arus mudik. Karena supir tugasnya berat. Banyak penumpang yang dibawa. Jadi kita memastikan supir-supir ini memang dalam keadaan sehat,” ujar Kepala BNNK Muara Enim, Ika Wahyu Hindaryati disela kegiatan.

Terkait adanya supir yang terindikasi pengguna narkoba, Ika mengatakan jika pihaknya melarang supir tersebut untuk mengemudikan kendaraan.

“Setelah dilakukan asesmen dan berita acara kemuadian diberikan surat rujukan ke BNNK terdekat dari tempat tinggalnya di Sumatera Barat,” ungkap Ika.

NV (43), supir yang terindikasi pengguna narkoba saat diwawancarai mengaku jika dirinya menggunakan narkoba berawal dari coba-coba. “Awalnya coba-coba sekitar tiga bulan lalu di warung,” ungkapnya.

Sementara, Saf (45) sopit lainnya, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BNN itu. Menurutnya, kegiatan itu baik untuk rutin dilaksanakan karena dapat menjamin keamanan penumpang. “Bagus, baiknya rutin dilaksanakan,” ujarnya singkat.(ans)

 

Leave a Reply