Gunakan Dana Desa, Perjito Bangun Lapangan Voly

Pelaksanaan program padat karya tunai di Desa Perjito Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com– Desa Perjito Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim, melaksanakan program padat karya tunai dengan membangun lapangan bola voly, Sabtu (26/5/2018).
Pantauan Kabarserasan.com, pembangunan yang bersumber dari Dana Desa tahap I tahun 2018 itu, melibatkan lebih dari 30 orang masyarakat. Tak hanya laki-laki, kaum wanita juga dilibatkan dalam kegiatan itu.

Kepala Desa Perjito, Mohammad Roppudin mengatakan, program padat karya tunai memberikan banyak peluang kepada masyarakat untuk ikut bekerja.

Diungkapkannya, ada empat unsur masyarakat yang dilibatkan pada program itu, yakni masyarakat yang tergolong keluarga miskin, pengangguran, setegah pengangguran dan stunting atau keluarga yang mengalami gizi buruk.

“Namun untuk di Desa Perjito, hanya tiga unsur masyarakat, karena tidak ada masyarakat yang menderita gizi buruk,” ujar Roppudin.

Dirinya menambahkan, pembangunan yang dilakukan itu juga telah sesuai dengan prosedur, karena merupakan kesepakatan masyarakat melalui musyawarah desa. “Jadi untuk program padat karya, selain pembangunan lapangan voly ini, kita juga telah merencanakan pembangunan 15 unit sumur gali. Jumlah ini sesuai dengan jumlah RT di Desa Perjito,” imbuhnya.

Roppudin pun berharap, dengan adanya pembangunan menggunakan dana desa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desanya. “Kita juga berharap agar amsyarakat bisa ambil bagian dalam pembangunan di desa,” harapnya.

Sementara itu, Pendamping Lapangan Desa (PLD) Desa Perjito, Dahumullah mengatakan jika program padat karya tunai merupakan hasil kesepakatan empat Menteri, yakni Mendagri, Menkeu, Mendes PDT dan Transmigrasi dan Menteri PPN.

“Tujuan program ini untuk meningkatkan pendapatan, konsumsi dan daya beli masyarakat di pedesaan, juga menambah perputaran uang di desa, hingga mengerek pertumbuhan ekonomi,” tukasnya.(ans)

Leave a Reply