Kapolri: Pacak, Orang Jambi Jadi Jenderal Bintang Dua

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Kabar gembira kepada masyarakat Provinsi Jambi. Betapa tidak, usai resminya Polda Jambi dari Tipe B ke Tipe A secara otomatis pangkat Kapolda Jambi yang semula Brigjen atau bintang satu akan berganti kepada Irjen atau bintang dua.

Nah, inilah yang disampaikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat meresmikan peningkatan Polda Jambi dari Tipe B ke Tipe A, Jumat (25/5/2018) di Mapolda Jambi di kawasan Thehok, Kota Jambi.

“Pacak (bisa) juga orang Jambi jadi jenderal bintang dua,” tegas Tito dengan logat Palembang yang langsung mendapatkan apresiasi tepuk tangan dari puluhan tamu yang hadir.

Namun, Kapolri juga menegaskan kenaikan pangkat tersebut disertai catatan. “Dengan catatan, tidak saya ganti. Tapi Insya Allah, tidaklah,” ujarnya berkelakar.

Selanjutnya Kapolri menekankan, konsekuensi dari peningkatan tipe adalah kenaikan eselon untuk para pejabat, Kapolda Jambi naik dari sebelumnya jenderal bintang satu menjadi jenderal bintang dua, demikian juga Wakapolda Jambi dari kombes menjadi jenderal.

Demikian juga para direktur naik eselon, sambungnya, ini berimplikasi pada jumlah personel Polri di Provinsi Jambi yang secara bertahap akan ditambah, peningkatan pelayanan, termasuk budget (anggaran), disesuaikan dengan ruang fiskal anggaran negara.

“Saya kira bagi masyarakat Jambi ini kebanggan tersendiri, karena Kapoldanya asli orang Jambi,” tandas Kapolri.

Menurut Kapolri, bukan saja kenaikan tipenya saja yang saya tuntut, tapi pelayanan dan keamanannya yang terus ditingkatkan.

“Hasil akhirnya bukan pada petugasnya, eselonnya. Finalnya masyarakat merasakan pelayanan yang lebih baik, keamanan yang lebih baik. Kalau tidak berhasil, bisa saya turunkan lagi ke Tipe B,” tukas Tito.

Sementara, salah seorang ulama beken Provinsi Jambi Umar Yusuf mengaku bangga Polda Jambi bisa mendapatkan kenaikan tipe.

“Saya berharap, dibawah pimpinan Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis kondisi Jambi tetap kondusif sesuai yang diharapkan Kapolri dan masyarakat Jambi,” katanya. (Azi)

Leave a Reply