Warga Binaan Lapas Muara Enim Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Warga binaan di lapas Kelas IIB Muarae Eim jalani pemeriksaan kesehatan rutin. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Lapas Kelas II B Muara Enim bekerjasama dengan Puskesmas Muara Enim melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, Rabu (23/5/2018).

Kepala Lapas Muara Enim Rudik Erminanto mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kesehatan warga binaan. Selain itu, kegiatan yang diikuti 187 warga binaan ini juga sebagai pencegahan penyakit HIV dan aids.

Dikatakan Ruduk, dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini diharapkan dapat mendeteksi secara dini keluhan sakit warga binaan selama berada di dalam Lapas.

“Sehingga saat keluar dari Lapas dan kembali ke tengah-tengah masyarakat, narapidana dalam kondisi sehat jasmani dan rohani,” ujar Rudik.

Rudik menambahkan, jika pada pemeriksaan itu ada narapidana yang mengalami atau terindikasi HIV atau TBC maka akan dilakukan penganganan khusus

Pihaknya juga terus menghimbau penghuni lapas untuk selalu menjaga kebersihan badan dan rutin mandi setiap hari.

Baca Juga: Dengar Istri Selingkuh, Seorang Tahanan Lapas Jambi Nekat Kabur

Sementara itu, Kepala Puskesmas Muara Enim, Hj Siti Maisaroh mengatakan, kerjasama ini untuk meningkatkan kesehatan seluruh warga binaan Lapas Muara Ecvnm nim. Kata Maisaroh, pemeriksaan kesehatan rutin dilakukan sebulan sekali.

“Bentuk kerjasamanya adalah penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk narapidana. Kali ini ada 126 narapidana melakukan pemeriksaan kesehatan, dan 61 orang menjalani tes HIV. Sebagian besar keluhan penyakit gatal,” terangnya.(ans)

Baca Juga: Napi Lapas Muara Enim Meninggal

 

 

 

Leave a Reply