Enaknya Penerima Bidiksitel, Lulus Langsung Kerja di PT TEL

Bagian HRD PT TeL Hendri Marseli, Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama Polsri Zakaria dan Manajer CSR PT TeL Eksa Heriawan. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Zakaria mengatakan bantuan biaya pendidikan PT Tanjungenim Lestari (Bidiksitel) mempunyai pola paling unik. Karena setelah lulus kuliah, peserta Bidiksitel langsung direktrut menjadi karyawan PT TeL.

“Pola beasiswa ini paling unik dari beasiswa lainnya di Polsri,” ujar Zakaria saat memantau langsung seleksi Bidiksitel di SMP Lematang Lestari, Selasa (22/5/2018).

Pola beasiswa yang diterapkan PT TeL, lanjut Zakaria berbeda dengan beasiswa lain yang ada di Polsri. Beasiswa lainnya hanya menanggung biaya kuliah, namun setelah lulus tidak ada jaminan yang bersangkutan direkrut menjadi karyawan.

“Memang ada juga beasiswa yang setelah lulus direktrut jadi karyawan, namun biaya kuliahnya tidak ditanggung oleh pemberi beasiswa,” ungkapnya.

Polsri sendiri lanjut Zakaria melakukan seleksi yang ketat untuk penerimaan beasiswa ini. Setelah dinyatakan lulus, nantinya peserta beasiswa selain akan mengikuti kuliah reguler juga akan dilakukan pembinaan secara khusus baik secara akademis maupun non akademis.

“Syaratnya juga sudah ditentukan oleh PT TeL, yakni IPK harus diatas 3.0. Kita juga terus mendorong supaya mereka penerima beasiswa ini dapat terus meningkatkan IP nya,” ungkapnya.

Selain dibekali dengan kemampuan hard skill, Zakaria mengungkapkan jika penerima beasiswa juga akan dibekali dengan soft skill. Bahkan kedepan Polsri akan melakukan koordinasi dengan PT TeL agar menambah persyaratan dan kriteria-kriteria tertentu dalam perjanjian beasiswa.

“Jadi selain diharuskan mendapat IP bagus, mereka juga harus mengembangkan kemampuan soft skill,” lanjutnya.

Selain itu, lanjut Zakaria, setiap semester Polsri memberikan laporan kepada PT TeL mengenai kemajuan mahasiswa penerima beasiswa. Laporan ini memuat jumlah IP, termasuk berapa kali penerima beasiswa izin terhadap mata kuliah.

Diungkapkan Zakaria, PT TeL dan Polsri telah melakukan kerjasama sejak tahun 2016. Tahun ini merupakan angkatan ketiga dengan jumlah kuota penerima beasiswa sebanyak lima orang. “Ini tahun ketiga, tahun 2016 sebanayak lima orang, 2017 sebanyak sepuluh orang dan tahun ini lima orang,” paparnya.(ans)

Baca Juga: 219 Pelajar Ikuti Bidiksitel

 

Leave a Reply