219 Pelajar Ikuti Bidiksitel

Suasana Seleksi Bidiksitel. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT TeL) kembali menyalurkan program bantuan biaya pendidikan perguruan tinggi, Bidiksitel.

Adapun seleksi Bidiksitel tahun ini, diselenggarakan di SMP Lematang Lestari dan diikuti oleh 219 pelajar yang beerasal dari daerah sekitar PT TeL, Selasa (22/5/2018).

Manager CSR PT TeL, Eksa Heriawan mengatakan, Bidiksitel merupakan program pendidikan yang telah dilakukan PT TeL sejak tahun 2008. Siswa yang lulus seleksi akan dikuliahkan di Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.

“Ini adalah salah satu cara perusahaan dalam merekrut karyawan. Karena mereka yang diberi beasiswa setelah lulus akan langsung direkrut menjadi karyawan PT TeL,” kata Eksa didampingi bagian HRD Hendri Marseli, Selasa (22/5/2018).

Program ini juga, lanjut Eksa sebagai upaya PT TeL mempersiapkan tenaga kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan. “Program ini untuk menyiapkan karyawan-karyawan yang nanti susah untuk didapat. Jadi kita harus membina dan mengikat dari awal supaya mereka punya pengetahuan dan cinta terhadap perusahaan ini,” ujarnya.

Eksa mengungkapkan, sebelumnya PT TeL bekerjasama dengan Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (APTK) Bandung. Namun setelah di evaluasi, PT TeL juga memerlukan tenaga kerja dari disiplin ilmu lain.

“Sehingga saat ini kita bekerjasama dengan Politeknik Negeri Siriwijaya dan pelajar yang ikut program Bidiksitel diarahkan kepada tiga program studi, yakni fakultas kimia, teknik mesin dan elektro,” imbuhnya.

Untuk jumlah penerima beasiswa, lanjut Eksa, mengacu proyeksi kebutuhan karyawan empat tahun kedepan. Tergantung dari jumjlah karyawan yang memasuki usia pensiun. “Untuk tahun ini, kita membuka kuota untuk lima orang,” jelasnya.

Ditambahkan Hendri Marseli, sedikitnya industri pulp di Indonesia tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan antar perusahaan berebut karyawan yang mempunyai skill di bidang pulp. “Untuk itu point of view kita, mempersiapkan generasi penerus perusahaan,” imbuhnya.

Seleksi Bidiksitel dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama ialah tes tertulis dan hari kedua tes interview.

Terpisah, Nabila salah satu peserta seleksi Bidiksitel mengaku dirinya mendapatkan informasi beasiswa tersebut dari gurunya di SMAN 1 Gunung Megang. Pelajar asal Desa Dalam Kecamatan Belimbing ini mengatakan, dirinya optimis bisa lulus seleksi beasiswa dari PT TeL itu.

“Tadi soalnya lumayan sulit. Tapi InsyaAllah tetap yakin kalau bisa lulus seleksi ini,” pungkasnya.(ans)

Baca Juga: PT TEL Berikan Bea Siswa Kepada 10 Siswa Hingga Tamat

Leave a Reply