BAZnas Bedah Rumah Warga Muara Emil

Bedah rumah BAZnas. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Sumadi, warga Dusun 2, Desa Muara Emil, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim sekarang bisa tersenyum. Pasalnya tak lama lagi rumahnya akan layak huni.

Adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZnas) Kabupaten Muara Enim memilih rumahnya untuk dibedah. Pelaksanaan bedah rumah Baznas ini dilangsungkan, Senin (14/5/2018) dengan dibantu personel TNI dan masyarakat setempat.

“Program bedah rumah tidak layak huni dan rehab rumah tidak layak huni merupakan program unggulan Baznas Muara Enim, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu khususnya wilayah Muaraenim,” kata Ketua Baznas Muara Enim, Syachril.

Dia mengatakan, program bedah rumah tidak layak huni ini diwujudkan dalam bentuk bantuan bahan bangunan, dan pekerjaannya melibatkan swadaya masyarakat dan personel TN. “Dananya bersumber dari zakat profesi ASN, anggota TNI melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ),” ujarnya.

Dijelaskan Syachril, rumah yang dibedah merupakan rumah warga tidak mampu yang kondisinya tidak layak huni, berdasarkan usulan dari masyarakat. Dengan syarat utama, rumah milik sendiri dan yang bersangkutan masuk dalam golongan warga miskin.

“Program bedah rumah dan rehap rumah memang benar-benar tidak layak huni ini, rencananya akan dilakukan terus menerus di setiap Kecamatan yang tersebar di Muaraenim,” paparnya.

Syachril menambahkan, kegiatan Baznas Muara Enim tidak hanya rehab bedah rumah saja, namun juga ada program-program lain yang sudah dilaksanakan melalui zakat tersebut.

“Mudah-mudahan Baznas juga bisa menekan angka kemiskinan di Kabupaten Muara Enim, melalui berbagai program sosial lewat bantuan zakat dan infaq yang kami himpun,” tambahnya.

Lebih lanjut, Syahcril juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan instansi yang telah mempercayakan Baznas Muara Enim sebagai lembaga resmi penyalur zakat.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat yang mampu, khususnya para ASN dan pengusaha, instansi agar dapat membantu progam kami dengan menyalurkan zakat dan infaq kepada Baznas Muara Enim,”pungkasnya.(ans)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here