Pengembangan Puskesmas Tebat Agung Terkendala Lahan

Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim, Vivi Mariani. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Dalam rangka akreditasi Puskesmas yang tengah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Muara Enim, Puskesmas Tebat Agung, Kecamatan Rambang Dangku saat ini tengah berbenah.

Namun sayang, Puskesmas ini tidak dapat melakukan penambahan gedung baru karena terkendala status lahan.

Kepala UPTD Puskesmas Tebat Agung, Suharnadi mengatakan, Puskesmas yang dibangun sekitar tahun 1983 itu, ungkapnya, telah beberapa kali direnovasi, namun tidak bisa dilakukan penambahan bangunan gedung.

“Kita hanya bisa sekedar merenovasi saja, tapi tidak bisa menambah bangunan gedung karena lahan yang kita tempati adalah lahan TNI,” jelasnya, Selasa (8/5/2018).

Padahal, pihaknya sangat berkeinginan menambah bangunan gedung baru untuk meningkatkan pelayanan di Puskesmas tersebut. Apalagi, tambahnya, saat ini Puskesmas itu tengah proses akreditasi.

“Tentu saja kami ingin sekali menambah bangunan gedung untuk peningkatan pelayanan. Apalagi lagi saat ini Puskesmas Tebat Agung dalam proses menuju akreditasi. Tapi mau bagaimana lagi, karena lahan yang kita tempati bukan milik Pemkab Muara Enim. Ya terpaksa kita menggunakan bangunan yang ada saja,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, Vivi Mariani. Dirinya mengatakan bahwa lahan yang ditempati UPTD Puskesmas Tebat Agung adalah lahan milik TNI.

“Makanya untuk melakukan penambahan bangunan kita belum bisa. Karena lahan tersebut belum dihibahkan ke Pemkab Muara Enim,” jelasnya.

Vivi mengatakan, kedepan pihaknya akan mencarikan solusi terkait masalah lahan tersebut.

“Nanti kita akan berkoordinasi dengan pihak TNI. Jika memang bisa dihibahkan ya Alhamdulilah. Namun jika tidak bisa, akan kita carikan solusi lainnya, apakah puskesmas itu akan kita relokasi atau kita carikan solusi lainnya,” pungkasnya.(ans)

Baca Juga: Tujuh Puskesmas di Kabupaten Muara Enim Sudah di Akreditasi

 

Leave a Reply