Eks Lapas Kembali Jadi Asset Pemkab Muara Enim

Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar dan Kakanwil Sumsel Kemenkumham H Sudirman D Hury saat menandatangani dokumen penyerahan aset. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Pemerintah Kabupaten Muara Enim akhirnya menerima kembali asset eks Lapas Kelas IIB Muara Enim setelah dilakukan penyerahan oleh Kantor Wilayah Sumsel Kementerian Hukum dan HAM, Rabu (2/5/2018).

Aset itu diserahkan langsung Kakanwil Kemenkumham Sumsel H Sudirman D Hury kepada Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar didampingi Sekda Muaraenim H Hasanuddin di Gedung Kanwil Sumsel Kemenkumham, Rabu (2/5/2018).

Bupati Muaraenim mengatakan, dengan diserahkannya aset itu, maka Pemkab Muara Enim kini dapat memanfaatkan kembali gedung eks Lapas tersebut.

Bupati mengakui, selama proses penyerahan aset, gedung itu terbengkalai dan kerap digunakan masyarakat untuk berbuat kegiatan negatif.

“Kita sudah dapat laporan masyarakat mengenai gedung ini yang sering dipakai untuk kegiatan negative. Dengan telah diserahkannya gedung ini, nanti Pemkab bisa memanfaatkannya lagi. Namun akan diperbaiki terlebih dahulu supaya terlihat bagus kembali,” ujar Muzakir.

Untuk diketahui, bangunan eks lapas ini sudah lama tidak digunakan setelah Pemkab Muaraenim membangunkan Lapas baru yang terletak di Desa Muara Lawai.

Selama proses penyerahan aset, gedung ini kerap digunakan sebagai arena judi. Selain itu, gedung ini juga kerap digunakan anak-anak punk sebagai tempat nongkrong.(ans)

 

Leave a Reply