Warga Tanjung Enim Masuk Rekor Muri

Ibu-ibu membuat pepes tempoyak ikan patin. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Ribuan masyarakat kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul berhasil mencatatkan nama di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan menciptakan makanan khas Sumatera Selatan yakni Berengkes atau pepes tempoyak terbanyak sepanjang sejarah.

Tak tanggung-tanggung ada sebanyak 13 ribu bungkus pepes tempoyak dibuat untuk pemecahan rekor ini. Sedikitnya panitia menyiapkan 1,3 ton ikan patin untuk membuat kuliner khas berbungkus daun pisang itu, Minggu (8/4/2018)

Berdasarkan pantauan, sebelum pemecahan rekor dimulai, ribuan masyarakat Tanjung Enim, sejak pagi memadati lapangan Lapangan Fasilitas Sosial (Fasos) PTBA Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul. Masyarakat yang ditunjuk panitia membuat berengkes ikan patin ditenda-tenda yang telah disiapkan.

Pemandangan orang-orang membuat makanan khas ini cukup mencuri perhatian. Bahkan aroma bumbu khas tempoyak yang berasal dari fermentasi buah durian cukup menyengat dilokasi ini.

“Aku dak tahan bau tempoyaknyo kuat nian, jadi dak berani dekat-dekat,” kata Sigit, salah seorang warga Tanjung Enim yang menyaksikan acara pemecahan Rekor Muri.

Pemecahan rekor Muri pembuatan 13 ribu berengkes tempoyak ini merupakan bagian dari kegiatan Bukit Asam Enim Culture Festival 2018.

Menurut Ketua Panitia, Surtia Ningsih, tujuan kegiatan ini selain untuk mengangkat kembali nama kuliner khas Sumatera Selatan juga dalam rangka gerakan kampanye makan ikan .

“Kegiatan ini kita adakan pas memperingati puncak hari Wanita Internasional, mudah-mudahan pemecahan rekor ini bisa mengangkat budaya asli masyarakat khususnya dibidang kuliner, serta mengajak masyarakat lebih gemar menkonsumsi ikan,” ujarnya.

Surtia menambahkan, ajang ini juga untuk mensuport Tanjung Enim sebagai kota wisata. Dengan banyak kegiatan seperti, dia yakin, cita-cita tersebut dapat segera terwujud sehingga kedepan berdampak terhadap ekonomi kemasyarakatan setempat.

“Kegiatan semacam ini juga menambah semangat gotong royong serta kekompakan warga menyongsong Tanjung Enim kota wisata,”pungkasnya.(ans)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here