Muara Enim Targetkan Semua Desa Miliki Perpustakaan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, Mariana. kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Hingga April 2018 sudah 26 desa tersebar di wilayah Bumi Serasan Sekundang sudah memiliki perpustakaan desa.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, Mariana di sela lomba pidato dan mendogeng tingkat SLTP sederajat Tahun 2018, di Ballroom Hotel Griya Serasan Sekundang Muaraenim, Rabu (4/4/2018).

Mariana menargetkan, hingga akhir tahun 2018 ini, paling tidak 50 desa sudah memiliki perpustakaan.

“Sekarang ini sudah 26 desa yang punya perpustakaan. Kita harap lima tahun ke depan semua desa di Kabupaten Muara Enim memiliki perpustakaan desa,” ungkapnya.

Lanjut Mariana, perpustakaan desa tersebut, diharapkan untuk mendorong minat baca di kalangan masyarakat, sehingga setiap desa wajib memilikinya. Untuk membangun perpustakaan tersebut, kepala desa bisa memanfaatkan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Pembangunan perpusatakaan desa masuk salah satu program prioritas dalam R-ABPDES tahun 2018, sebagai upaya pemerintah meningkatkan minat baca dan mencerdaskan penduduk di desa. Jadi pemerintah desa wajib memasukan program pembangunan perpusatakaan desa,” kata Mariana.

Teknisnya, kata Mariana, pemerintahan desa akan menganggarkan alokasi untuk perpustakaan. Desa juga harus menyediakan tempat sebagai ruang baca serta sejumlah buku-buku untuk dijadikan bacaan bagi masyarakat.

“Ruang baca yang maksud bisa dibangun baru atau memanfaatkan balai desa ataupun kantor kepala desa setempat. Tentu hal ini disesuaikan dengan besaran Dana Desa yang diterima tiap masing-masing desa,” jelasnya.

Dengan diprioritaskan desa memiliki perpustakaan, pihaknya optimis seluruh masyarakat desa khususnya anak-anak semakin dekat dengan buku. “Harusnya melalui program ini sebanyak 245 desa di Muarae Eim telah memiliki perpustakaan,” katanya lagi.

Mengenai pengadaan buku-buku bacaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim juga akan memberikan bantuan buku baru bagi perpustakaan desa.

“Di akhir tahun lalu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah menyalurkan bantuan buku, dan terbaru 6 desa telah menerima bantuan komputer untuk perpustakaan desa dari Coca-cola Company,” pungkasnya.(ans)

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Tenaga Perpustakaan, Pemkab Muara Enim Gelar Bintek

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here