Giliran Satgas Pangan Jambi Temukan Sarden Bercacing

Kepala Dinas Perindag Kota Jambi Komairi dan petugas. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Tim Satgas Provinsi Jambi, terdiri dari kepolisian, Dinas Perindustrian Provinsi dan Kota Jambi serta BPOM menggelar inspeksi mendadak (sidak) disejumlah mini market dan swalayan di kawasan Selincah, Kota Jambi.

 

Saat melakukan uji sampel merek sarden LSC di Kantor Disperindag Kota Jambi, petugas gabungan tidak melihat cacing Anisabis SP. Namun, saat media dan petugas mengotak-ngatik sampel sarden disebuah piring barulah terlihat cacing yang bergerak-gerak dengan perlahan.

Dengan ditemukannya sarden yang didalamnya terdapat cacing, Kepala Dinas Perindag Kota Jambi Komairi, mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam mengkonsumsi sarden.

“Yang berhak menarik makanan berbahaya adalah pihak BPOM. Saat ini petugas lagi meneliti penyebab adanya cacing hingga bisa masuk di dalam kaleng sarden,” ujarnya, Selasa (27/3/2018).

Sementara Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjungjabung Timur bersama pihak Badan Pengawas obat dan Makanan Provinsi Jambi, dalam sidaknya di sejumlah swalayan tidak menemukan sarden dengan merk produk ikan makarel yang mengandung cacing.

Menurut Kepala BPOM Jambi, Ujang Supriatna, pihaknya belum menemukan merek produk ikan makarel yang diduga mengandung cacing pita saat sidak di Kabupaten Tanjungjabung Timur.

“Kita sudah menelusuri tujuh toko di Tanjungjabung Timur ini, dan hasilnya tidak menemukan tiga merek produk ikan makarel yang berdasarkan Surat edaran BPOM untuk ditarik edarnya,” ungkapnya kepada sejumlah media.

Adapun tiga merek produk yang dimaksud adalah, merek IO, Hoki, Farmer Jack. Selain meminta masyarakat untuk ikut memantau peredaran tiga merek produk tersebut.

“Kami juga meminta kepada masyarakat untuk melaporakan kepada kami, atau kepada pihak Disperindag, jika menemukan tiga merek ikan sarden ini beredar di pasaran. Bila membeli sebuah produk tetap dicek label produknya yang akan dibeli. Kalau kemasannya kotor atau rusak jangan dibeli,” imbau Ujang. (Azi)

Baca Juga: BPOM Jambi Temukan Ribuan Kaleng Sarden Diduga Berisi Cacing

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here