Danamon dan Railink Kerjasama Pembayaran Non Tunai

Penumpang Kereta Bandara lebih nyaman.

Jakarta, Kabarserasan.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) melakukan kerja sama dengan PT Railink yang merupakan pengelola Kereta Api Bandara.

Melalui kolaborasi tersebut, pembelian tiket Kereta Api Bandara dari dan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja secara non tunai melalui layanan perbankan digital Bank Danamon, yaitu aplikasi mobile banking D-Mobile dan Danamon Online Banking.

“Railink menyediakan transportasi aman dan nyaman bagi masyarakat, sementara Bank Danamon melengkapinya dengan solusi pembayaran digital yang mudah dan cepat. Sinergi ini juga mengedepankan dukungan layanan perbankan dalam meningkatkan kesadaran penggunaan fasilitas transportasi umum secara non tunai,” kata Michellina Triwardhany, Wakil Direktur Utama Bank Danamon dalam siaran pers yang diterima redaksi, Senin (26/03/2018).

Menurut Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jumlah penggunaan transportasi publik di Jakarta hanya baru di sekitar 12%-15% dari total penduduk provinsi. Sementara menurut data Bank Indonesia, penggunaan pembayaran non tunai di Indonesia juga masih relatif rendah, dimana penggunaan kartu kredit berada pada tingkat 2% dan kartu debit pada tingkat 8%.

KA Bandara Soekarno-Hatta melayani penumpang dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di pemberhentian Stasiun BNI City di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, dan Stasiun Batu Ceper, Tangerang, dengan waktu tempuh 55 menit, dan dalam waktu dekat, waktu tempuhnya akan dipersingkat lagi menjadi 40 menit, dan rute layanannya diperpanjang hingga ke Bekasi.

PT Railink, sebagai penyedia jasa transportasi kereta api bandara sejak 2013, selain itu juga membangun dan menyiapkan Airport Railway Ticketing System (ARTS) sebagai penunjang operasional KA Bandara Soekarno-Hatta, dengan penerapan pembayaran non tunai (cashless).

Selain itu anak perusahaan PT KAI ini memberi kemudahan-kemudahan untuk mendapatkan tiketnya melalui internet booking (ibook) dan aplikasi mobile (mobile apps), selain juga tersedia pada mesin otomatis penyedia tiket (vending machine) di stasiun-stasiunnya.

Dalam hal ini PT Railink dan Bank Danamon, bersama dengan beberapa bank nasional lainnya, berkolaborasi bersama untuk mewujudkan layanan kepada masyarakat pengguna KA Bandara Soekarno-Hatta melalui sistem pembayaran yang memungkinkan transaksi dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit, kartu prepaid, e-commerce serta online payment lainnya.

Dengan kerjasama ini, pembelian tiket Kereta Api Bandara dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking Bank Danamon yaitu D-Mobile serta di Danamon Online Banking.

Selain kerjasama dalam metode pembayaran, Bank Danamon juga menggunakan ruang publik pada sarana Kereta Api Bandara, seperti gerbong dan stasiun, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas produk dan layanan perbankan.

“Fasilitas transportasi publik memberikan kesempatan yang baik untuk perkenalan sekaligus edukasi kepada masyarakat luas tentang layanan perbankan. Harapan kami, wawasan tersebut pada akhirnya akan berdampak positif terhadap industri transportasi serta perbankan di Indonesia,” tambah Michellina. (Ris)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here