Peduli Gouta, Pemuda Muara Enim Gelar Aksi

Aksi damai pemuda Muara Enim untuk Ghouta. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Peduli penderitaan masyarakat muslim Ghouta, Suriah, ratusan pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan di Kabupaten Muara Enim menggelar aksi penggalangan dana, Minggu (25/3/2018).

Aksi digelar sepanjang jalan Sudirman Muara Enim dan dipusatkan di Simpang Tugu Pahlawan. Para pemuda ini turun ke jalan dengan membawa kardus dan spanduk yang bertuliskan Aksi Solidaritas Masyarakat Muara Enim Peduli Ghouta.

Koordinator aksi Frengki Suwito mengatakan, aksi penggalangan dana itu hanya dilakukan sehari. Nantinya, dana yang terkumpul akan disalurkan langsung ke Ghouta melalui lembaga kemanusiaan Sinergi Sriwijaya.

“Kita mengumpulkan dana untuk membantu saudara kita di Ghouta yang saat ini sedang mengalami penderitaan,” ujar Frengki di sela aksi.

Frengki berharap, dengan adakannya aksi ini masyarakat Muaraenim dapat turut membantu meringankan penderitaan warga muslim di Ghouta.

“Kami juga berharap, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri dapat menekan dewan keamanan PBB untuk menghentikan kekejaman rezim Bashar Al-Asad terhadap rakyat Suriah khususnya di wilaya Ghouta,” tukasnya.

Sementara itu, Koordinator wilayah Sinergi Sriwijaya Kabupaten Muaraenim Wahyu Perdana menuturkan, dana hasil aksi solidaritas itu akan diantarkan langsung pihaknya ke Negara Suriyah, tepatnya di wilayah Ghouta, tempat terbanyak masyarakat Muslim yang mengalami penderitaan akibat pembantaian dan penyiksaan.

“Relawan kita yang nantinya akan diberangkatkan untuk menyampaikan langsung bantuan dan sumbangan yang telah terkumpul, baik itu dari Masyarakat Muaraenim maupun dari daerah-daerah lain. Bantuan tersebut kita pastikan akan langsung diterima oleh warga muslim yang mengalami penderitaan disana,”jelasnya.

Wahyu juga menjelaskan bahwa Lembaga Kemanusiaan Sinergi Sriwijaya adalah lembaga resmi yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyampaikan langsung bantuan dari masyarakat di Indonesia ke negara-negara luar yang mengalami kesusahan dan memerlukan bantuan kemanusiaan.

Akis yang dimulai pukul 12.30 wib hingga 16.30 wib itu berhasil mengumpukan dana sebesar Rp. 9,5juta.(ans)

Leave a Reply