40 Guru Direkrut BNNK Jadi Relawan Anti Narkoba

Suasana kegiatan asistensi penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba kepada institusi pendidikan di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muara Enim, Rabu (21/3/2018). Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Muara Enim merekut 40 orang guru SMP dan SMA menjadi relawan anti narkoba.

Kepala BNNK Muara Enim Ika Wahyu Hindaryati mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk memutus penyalahgunaan narkoba oleh generasi muda,

“Kita mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyikapi peredaran narkoba di Indonesia yang saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Salah satunya dengan mengajak peran serta guru BK, agama dan olahraga tingkat SMP dan SMA,” ujar Ika Indaryati, saat membuka kegiatan asistensi penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba kepada institusi pendidikan di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muara Enim, Rabu (21/3/2018).

Dia menjelaskan, dipilihnya guru-guru sebagai relawan anti narkoba karena guru mempunyai peran penting dalam penanggulangan narkoba di kalangan pelajar.

“Guru juga bisa menjadi media sekaligus pelopor pemberantas narkoba dan rokok melalui sosialisasi yang bisa diberikan di sela-sela pemberian materi pelajaran sekolah,” tambahnya.

Para pendidik selain bisa memberikan sosialisasi, lanjutnya, juga diminta membuat program kebijakan bertujuan menjauhkan para murid dari bahaya narkoba. Selain itu, para guru juga harus mengawasi dan melaporkan para murid mereka yang memiliki tanda-tanda pencandu.

“Guru pun bisa mengajak murid yang menjadi sudah terlanjur menjadi pengguna narkoba supaya mendapat rehalibitasi di klinik pratama BNNK Muara Enim. Para pencandu bisa mendapat layanan rawat jalan, kami menerima pasien pelajar dan masyarakat umum,” lanjutnya.

Ika juga mengatakan, selama menjalani perwatan di klinik BNNK, pecandu tidak dikenakan biaya. “Perlu diingat selain biaya gratis, para pasien yang dirawat dijamin tidak dipenjara. Jadi tidak perlu takut,” pungkasnya.(ans)

Suasana kegiatan asistensi penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba kepada institusi pendidikan di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muara Enim, Rabu (21/3/2018). Kabarserasan.com/ans

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here