Mata Pilih di Merangin Bertambah 4.066

Ketua KPU Kabupaten Merangin Iron Sahroni. Kabarserasan.com/azi

Merangin, Kabarserasan.com — Setelah ditetapkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Merangin tahun 2018 sebanyak 247.322, KPU Kabupaten Merangin mengarapkan agar seluruh masyarakat pro aktif melihat data pribadinya di DPS yang akan segera diumumkan.

Daftar Pemilih Sementara (DPS) ditetapkan dari hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin tanggal 16 Maret 2018 yang lalu.

Jumlah penetapan DPS disampaikan Ketua KPU Kabupaten Merangin Iron Sahroni saat berbincang dengan awak media di ruang kerjanya, Senin (19/3/2018).

“Setelah diplenokan DPS Pilkada Kabupaten Merangin sebanyak 247.322,” jelas Iron.

Menurut Iron, untuk DPS Pilkada Merangin 2018 ada penambahan mata pilih, sebanyak 4.066 bila dibandingkan DPT saat pemilihan Gubernur Jambi tahun 2015 sebanyak 243.256.

“Untuk pengumuman penetapan DPS ke masyarakat akan di lakukan pada tanggal 24 Maret sampai 3 April 2018,” ujar Iron Sahroni.

Adapun tujuan diumumkannya hasil penetapan DPS ke masyarakat diantaranya untuk mendapat tanggapan dan masukan dari masyarakat apabila masih ada warga Kabupaten Merangin yang belum tercantum di DPS sehingga diharapkan warga segera melapor ke PPS diserap desa dan kelurahan serta ke PPK di setiap kecamatan.

Selanjutnya, apabila ada data warga yang salah seperti pencantuman nama, alamat, identitas serta data lainnya agar segera dilakukan perbaikan dan ketiga apabila ada warga yang terdaftar di DPS namun tidak memenuhi syarat sebagai pemilih yang yang ditentukan sesuai peraturan, bukan penduduk Kabupaten Merangin akan segera dihapus.

“Kita mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat dan pihak terkait untuk melakukan pengecekan bersama-sama tentang DPS yang sudah ditetapkan dan segera melaporkan ke PPS atau PPK untuk dilakukan perbaikan sebelum ditetapkan menjadi DPT,” tandasnya. (Azi)

Leave a Reply