Polisi Bongkar Industri Rumahan Pembuatan Senpi Rakitan

Senpiira. Kabarserasan.com/amr

Jambi, Kabarserasan.com — Jajaran Unit Reskrim Polsek Kotabaru, Polresta Jambi berhasil mengungkap industri rumah pembuatan senjata api rakitan di Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Hal ini dibenarkan Kapolsek Kotabaru AKP Andi Zulkifli melalui Kanit Reskrim Iptu Syafrizal kepada sejumlah media, Selasa (6/3/2018).

Sayangnya, pelaku yang diketahui berinisial AM diduga kuat perakit senjata api rakitan berhasil kabur melarikan diri.

“AM ini adalah DPO penadah sepeda motor hasil curian mencium kedatangan kita. Jadi kabur. Saat ini, masih dalam pengejaran petugas,” kata Syafrizal.

Tidak itu saja, sambung Kanit Reskrim, jenis senpi tersebut sama persis dengan senjata yang digunakan Ricky pelaku kejahatan curanmor yang menewaskan anggota Polri Aipda Anumerta Fajar junjungan Panjaitan beberapa waktu lalu.

Sedangkan tempat pembuatan senpi rakitan tersebut, berada di Desa Banso, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Dalam modus operandi, AM menjadikan rumahnya sebagai tempat produksi senjata api rakitan. Dari hasil penggerebekan, petugas menemukan pelatuk senpi, penghalus senpi, kembang api las, mesin listrik, gerenda dan beberapa alat pendukung lainnya.

Terungkapnya industri rumah pembuatan senjata api rakitan setelah polisi berhasil mengembangkan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang dilakukan Eko dan Adi.

Dari data kepolisian, kedua tersangka curanmor melakukan aksinya di 21 tempat kejadian perkara di wilayah Provinsi Jambi. Saat diringkus, kedua pelaku berusia kabur, sehingga harus diberi timah panas di kakinya.

Dari penggerebekan di rumah pelaku Eko, petugas mendapati barang bukti berupa satu pucuk senjata api rakitan dan enam butir peluru yang disembunyikan di dalam karung beras, dan kunci leter T.

Kepada petugas, Eko mengaku membeli senpi rakitan tersebut dari tempat pembuatan senjata api di Kabupaten Sarolangun seharga Rp1 juta. (Azi)

 

Leave a Reply