Anggota DPR RI Gelar Lomba Hafalan Surat Pendek di Ujanmas

Lomba hafalan surat pendek Al-Quran terbanyak di Masjid Al-Baniah Desa Ujanmas Lama,Kecamatan Ujanmas, Muara Enim. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Merasa prihatin banyak anak-anak yang tidak hafal surat-surat pendek di Al-Quran, anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani menggelar lomba hafalan surat pendek Al-Quran terbanyak di Masjid Al-Baniah Desa Ujanmas Lama,Kecamatan Ujanmas, Muara Enim, yang diikuti ratusan pelajar tingkat SMA, Jumat (23/2/2018).

“Saat reses atau kegiatan sosialisasi, saya sering meminta anak-anak maju dan membacakan empat surat pendek. Namun kebanyakan hanya bisa dua surat,” kata Irma kepada sejumlah awak media di sela kegiatan lomba.

Menurut politisi Partai Nasdem ini , dibanding anak-anak kota, dulu anak-anak desa banyak pandai membaca Al-Quran dan banyak menghafal surat-surat pendek. Namun sekarang, hal itu justru berbanding terbalik.

Hal ini menurutnya karena kurangnya kepedulian masyarakat desa terhadap agama. Juga pengaruh penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan pernikahan dini yang saat ini sedang merajalela di desa.

“Saya rasa ini yang harus dibenerin. Kepedulian masyarakat desa terhadap agama harus ditingkatkan kembali, supaya terhindar dari penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan pernikahan dini,” ujar Irma.

Diakuinya jika banyak ustadz di desa yang mampu mengajar bagaimana membaca Al-Quran. Namun sayangnya, minat anak-anak yang ingin belajar justru yang kurang.

“Kalau ulamanya ada tapi yang gak mau belajar tidak ada kan susah juga. Jadi minat inilah yang harus ditumbuhkan agar anak-anak mau belajar dengan para ulama-ulama kita,” tukasnya.

Sebagai wakil rakyat, lanjut Irma, meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap agama merupakan salah satu tanggung jawabnya. Oleh karenanya, dengan kegiatan itu dirinya berharap dapat memotivasi anak-anak untuk lebih giat lagi dalam menghafal dan mengamalkan Al-Quran.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan H Wilian Husin mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan itu diikuti oleh pelajar dari 22 SMA se-Kabupaten Muara Enim. Kegiatan itu, ungkapnya, kedepan akan dilaksanakan rutin tiap tahun.

“Ini kali pertama kegiatan ini diadakan. Kedepan akan dijadikan sebagai agenda tahunan yang dimulai dari tingkat kecamatan,” pungkasnya.(ans)

 

Leave a Reply