Hari Terakhir Libur Panjang, Pemudik Padati Pelabuhan Bakauheni

Kepadatan arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (18/02/2018) siang/ Foto: ano

Kalianda, Kabarserasanj.com—Ribuan pemudik padati Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu 918/02/2017) siang, awal puncak arus balik liburan hari raya Imlek dan cuti bersama tiga hari terakhir.

Peningkatan gelombang penumpang arus balik di Pelabuhan Bakauheni ini sudah diprediksi, termasuk para pemudik yang kembali ke Pulau Jawa dengan menaiki bus angkutan umum secara estafet ini.

Para pemudik ini megaku sengaja memilih pada perjalanan pulang ke Pulau Jawa pada siang hari, agar memiliki waktu cukup untuk istirahat pada malam hari nanti, sebelum kembali bekerja Senin besok.

“Lumayanlah, bisa beristirahat cukup di rumah nanti. Dari pada mudiknya malam, bermacet-macetan, akan terasa lelah sampai di rumah. Cara mudik seperti ini sudah kami jalani setiap musim libur,” kata Nyoto, salah seorang pemudik.

Nyoto bersama pemudik lain rela berdesakan di sepanjang jalur gang way menuju pintu masuk pelabuhan di Dermaga 1 hingga Dermaga 3 pelabuhan. Setelah itu mereka akan ke terminal bus di pelabuhan, untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan masing-masing.

Menurut data ASDP Pelabuhan Bakauheni, hingga Minggu siang sekitar pukul 12.00, jumlah penyeberang sudah lebih dari 10 ribu penumpang dari Sumatra. Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat—meski kebanyakan menaiki kendaraan, pada Minggu malam.

Untuk itu, mengantisipasi terjadinya antrian dan penumpukan calon penumpang dan kendaraan, pihak ASDP Bakauheni mengoperasikan 12 loket penjualan tiket penumpang pejalan kaki, dari sebelumnya di hari biasa hanya enam loket.

12 loket yang dibuka, enam loket untuk melayani penjualan tiket kendaraan roda empat dan enam loket melayani penjualan tiket kendaraan roda 2 dan pejalan kaki. (ano)

Leave a Reply