Kamis Sore KPK Tangkap Bupati Lampung Tengah Mustafa

Bupati Lampung Tengah, Mustafa

Jakarta, Kabarserasan.com—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan telah melakukan penangkapan terhadap Bupati Lampung Tengah, Mustafa pada Kamis (15/02/2018) sore. Mustafa sendiri saat ini menjadi salah satu dari empat calon Gubernur Lampung yang akan bertarung di Pilkada Juni 2018 mendatang.

“Sekitar 18.20 WIB Bupati Lampung Tengah sudah bersama tim dan dilakukan pemeriksaan awal. Malam ini akan dibawa ke kantor KPK,” kata Wakil Ketua KPK Laode Syarif dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis malam.

Penangkapan Mustafa ini menjadi kelanjutan dari serangkaian penangkapan yang dilakukan KPK sehari sebelumnya, di mana KPK menangkap 14 orang secara terpisah, enam orang ditangkap di Lampung dan delapan lainnya ditangkap di Jakarta.

Mustafa, seperti halnya juga ke 14 orang yang telah ditangkap lebih dulu, terkait dugaan kasus suap Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah terhadap sejumlah anggota DPRD setempat dalam upaya Pemkab Lampung Tengah meminta persetujuan untuk mengajukan pinjaman uang kepada lembaga di bawah Kementerian Keuangan.
Baca Berita Terkait: KPK Segel Ruang Kerja Bupati Lampung Tengah

Dalam OTT ini, KPK menyita uang sekitar Rp 1 miliar dalam bentuk pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000 di dalam kardus.

Mustofa sendiri beberapa jam sebelum ditangkap, sempat menghadiri apel sistem pengamanan Pilkada yang digelar polda Lampung, dan setelahnya menggelar jumpa pers, membantah ditangkap KPK.

Kepada wartawan saat itu, Mustafa menjelaskan, ia tidak tahu sama sekali perihal adanya praktek suap kepada anggota DPRD, terkait rencana Pemkab Lampung Tengah hendak mengajukan pinjaman. “Ya, saya tahu, saya hadir dalam rapat paripurna tetapi saya walk out. Saya serahkan pada dewan yang merupakan wakil rakyat, selebihnya saya tidak mengetahui pembahasan itu,” kata Mustafa kepada wartawan saat itu.

Dengan demikian, dalam kasus yang diusut KPK ini, Mustafa merupakan orang ke-15 yang ditangkap KPK. Mereka terdiri dari kalangan pejabat Pemkab Lampung Tengah, anggota DPRD Lampung Tengah, dan seorang pengusaha swasta.
(Jun)

 

Leave a Reply