PALI Bakal Punya Polres Sendiri

Pali Siap miliki Polres Sendiri. Kabarserasan.com/her

PALI, Kabarserasan. com — Pembentukan Polres Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menjadi prioritas Mabes Polri.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Mabes Polri Komisaris Besar Polisi Drs.Yasdan Rivai M.Hum saat melakukan kunjungan kerja Studi Kelayakan Pembentukan Polres PALI.

Menurut Kombes Yasdan, cukup banyak daerah yang mengajukan pembentukan Polres baru. “PALI menjadi salah satu yang diprioritaskan. Makanya kami beserta rombongan datang ke PALI untuk melihat langsung bagaimana kondisi di lapangan “kata Yasdan saat di wawancarai awak media di Talang Ubi, Selasa (13/02/2018).

Yasdan menuturkan, setelah mendengar banyaknya keinginan masyarakat PALI untuk segera dibentuk Polres, kami akan berupaya untuk mewujudkannya.

“Tetapi kami tidak bisa tentukan kapan waktunya, karena yang menentukan bukan hanya dari Polri tetapi masih ada konstitusi lain yang terlibat. Akan kita kaji, kemudian kita laporkan ke Kapolri untuk selanjutnya akan disampaikan ke MenPAN RB,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, Yasdan memaparkan syarat dan kriteria pembentukan organisasi Polres. “Syarat dan kriteria adalah adanya pemekaran Kabupaten, kebutuhan organisasi Polri, perkembangan gangguan kamtibmas, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian semakin meningkat, dukungan dari pemerintah daerah serta masyarakat,” paparnya.

“Setelah memenuhi kategori nilai yang ditentukan berdasarkan klasifikasi ketentuan kewilayahan. Selain itu ada peraturan perundang-undangan menetapkan pemerintah Kabupaten PALI, terpenuhi kategori nilai, ada dukungan masyarakat serta tersedianya lahan,karena TNI Polri tidak menyiapkan anggaran penyiapan lahan,”tambahnya.

Sementara itu, Bupati PALI Ir.H Heri Amalindo, MM mengatakan bahwa Pemerintah Daerah sudah menyiapkan lahan lebih kurang lima hektar untuk pembangunan Polres PALI. Seperti diketahui PALI saat ini masih menginginduk ke Polres Muara Enim.

“Kita telah menyiapkan lahan sekitar 5 hektar untuk pembangunan kantor Polres,”kata Heri disela-sela acara, Selasa (13/02/2018).

Dia berharap pembantukan Polres PALI bisa segera berdiri. “Dengan adanya Polres sendiri diharapkan bisa menekan angka kriminalitas di wilayah Bumi Serepat Serasan. Masyarakat tentu lebih merasa aman dalam menjalankan aktifitas, “harapanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kapolres Muara Enim AKBP. leo Andi Gunawan, ,Sekda PALI, Robby Kurniawan, Wakil Ketua II DPRD PALI, Darmadi Suhaimi, SH Danramil 404-03 Pendopo Talang Ubi, Kapolsek Talang Ubi, Jajaran SKPD serta para undangan lainya.(Her)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here