PTBA Serahkan Tugu Belido ke Pemkot Palembang

Tugu Belido, ikon baru Kota Palembang.

Palembang, Kabarserasan.com – PT Bukit Asam (persero) Tbk (PTBA) menyerahkan bangunan Tugu Belido kepada Pemerintah Kota Palembang.

Penyerahan bangunan yang memiliki nama resmi Tugu Belido Bukit Asam dilakukan oleh Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin, kepada Walikota Palembang, Harnojoyo.

Usai penyerahan, dilanjutkan dengan peresmian Tugu Belido Bukit Asam sebagai ikon baru Kota Palembang dengan penandatanganan prasasti oleh Direktur Utama PTBA dan Walikota Palembang, Minggu (11/02) di pelataran Benteng Kuto Besak, Palembang.

Ariviyan menjelaskan, pembangunan Tugu Belido ini dimulai sejak November 2016 lalu dan selesai dibangun pada September 2017.

“Pembangunan Tugu Belido Bukit Asam ini menggunakan dana CSR PTBA sebagai wujud komitmen PTBA untuk ikut serta dalam membangun Palembang,” kata Arviyan.

Lanjut Ariviyan, pembangunan Tugu Belido Bukit Asam ini bertujuan untuk meningkatkan objek wisata Palembang yang sejalan dengan Program Pembangunan Development Musi Riverside Tourism.

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin menandatangani prasasti Tugu Belido Minggu (11/02) di pelataran Benteng Kuto Besak, Palembang.

“Ikan Belido sendiri dipilih untuk dijadikan tugu karena ikan ini merupakan fauna asli khas Palembang yang hidup di Sungai Musi dan hampir punah keberadaannyam” jelasnya.

Sementara itu, pemilihan Benteng Kuto Besak sebagai tempat dibangunnya Tugu Belido ini karena Benteng Kuto Besak merupakan salah satu pusat keramaian yang diminati oleh masyarakat, wisatawan, serta tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan.

Tugu Belido Bukit Asam memiliki tinggi 9 meter, dengan panjang patung ikan mencapai 12meter dan tinggi sekitar 6 meter. Patung ikan yang terbuat dari tembaga dengan tebal 1,2mm dan dilapisi perak ini memiliki berat mencapai 3 ton. Menghadap ke Sungai Musi, Tugu Belido Bukit Asam dapat mengeluarkan air mancur melalui mulutnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here