Samsat dan Satlantas Polsek Talang Ubi Jaring Puluhan Kendaraan

Petugas sedang memeriksa kelengkapan surat kendaraan. kabarseraan.com/her

PALI, Kabarserasan. com — Operasi yang digelar Satuan Lalu Lintas (Lantas) Polsek Talang Ubi yang bekerja sama dengan Samsat Kabupaten PALI berhasil menjaring ratusan pelanggar lalu lintas.

Operasi yang digelar 05-06 Februari 2018 dilakukan dalam rangka menyadarkan masyarakat dalam kewajiban membayar pajak serta perlengkapan kendaraan roda dua maupun roda empat, Selasa (06/02/2018).

Kanit Lantas Iptu. Noerdin, SH mengatakan, dalam giat operasi itu pihaknya hanya mendampingi Samsat saja. Namun polisi menemukan sebanyak 50 unit sepeda motot dan 6 unit mobil.

“Pelanggaran kita dapati pengemudi kendaraan roda empat dan roda dua. Rata-rata kasusnya tidak memiliki SIM dan STNK. Ada juga pengendara yang tidak menggunakan helm,”kata Noerdin saat diwawancarai disela-sela kegiatan, Selasa (06/02/2018).

Dalam operasi ini, Satlantas Polsek Talang Ubi mengedepankan peneguran sebelum penindakan, kalau sudah banyak melanggar baru ditindak tegas.

“Hal tersebut untuk menimbulkan efek jera bagi para pelanggar. Karena ada yang bisa tertib setelah ditindak, ada yang susah sadar ketertiban dan ada pengendara yang sudah tertib tidak ditindak juga,” tegasnya.

Menurut Noerdin, dengan tingginya pelanggaran itu dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat yang masih minim. “Apalagi kelengkapan saat berkendara dari mulai helm dan surat-surat untuk keselamatan pengendara,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Samsat PALI Dadang Apriandi,SH,MSi menjelaskan, giat diadakan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat PALI untuk wajib membayar pajak.

Kegiatan selama dua hari ini, pihak Samsat sudah mengamankan 80 unit sepeda motor yang mati pajak. Bahkan ada yang belum sama sekali membayar pajak sejak membeli motor,”kata Dadang kepada Kabarserasan, Selasa (06/02/2018).

Dadang juga menegaskan kepada masyarakat PALI maupun di luar PALI apabila kendaraan itu mati pajak maka diwajibkan untuk segera membayar pajak karena pihaknya sudah menyediakan mobil samsat keliling.

“Apabila masyarakat PALI masih tidak membayar pajak akan kami serahkan ke pihak kepolisian guna ditindaklanjuti, “tegasnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

Leave a Reply