Jaga Kamtibmas, Polisi Dan TNI Sambangi Rumah Warga

Sinergitas Bhabinkamtibmas Desa Teluk Sialang Polsek Tungkal Ilir Polres Tanjab Barat Bripka Cipta Anggara dan Babinsa Teluk Sialang Serka Edi Sofyan.

Tanjabbar, Kabarserasan.com — Wujud sinergitas TNI-Polri bukan hanya tingkat atas saja, namun pihak bawah pun bisa mewujudkannya.

Ini dibuktikan oleh Bhabinkamtibmas Desa Teluk Sialang Polsek Tungkal Ilir Polres Tanjab Barat Bripka Cipta Anggara dan Babinsa Teluk Sialang Serka Edi Sofyan.

Demi terwujudnya kondusifitas wilayah desa binaannya, keduanya mejalin soliditas (kekompakan) dalam melaksanakan patroli dialogis di kawasan pemukiman penduduk.

Dalam kesempatan tersebut, mereka menggelar dialog dengan salah seorang warga RT 02, Desa Teluk Sialang, Julak Awik, Selasa (6/2/2018).

Diakui Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi, bahwa dua abdi negara tersebut memiliki peran masing-masing sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas pada jajaran Polsek dan Koramil.

“Dari masing-masing kesatuan ini, memiliki tugas dan tanggungjawab dalam menjaga kondusifitas di wilayah hukum (wilkum) Tungkal Ilir,” ungkap Tresnadi.

Terpisah Kapolsek Tungkal Ilir Iptu Sumarno Berutu, mengapresiasi kegiatan bersama tersebut. Dia berharap dapat terjalin keakraban dalam komunikasi untuk mampu memperkokoh sinergitas TNI-Polri.

“Kegiatan tersebut sangat efektif untuk menyerap aspirasi dan keluhan dari masyarakat melalui sambang patroli dialogis,” katanya.

Selain itu, sambung Kapolsek, apabila ada gesekan yang berpotensi akan menimbulkan permasalahan, para abdi negara ini akan cepat mencarikan solusinya.

“Dengan demikian, dalam penyelesaian setiap permasalahan tidak berkembang sehingga dapat mengganggu harkamtibmas,” imbuh Sumarno.

Menurutnya, dalam melaksanakan kegiatannya, dua personil abdi negara ini juga menekankan pada warga agar dapat pro aktif untuk mengenal dan mendata setiap ada warga penduduk pendatang baru di lingkungannya dan melaporkan ke ketua RT/RW setempat.

Selain itu, lanjut Sucipta Anggara, kegiatan ini sebagai deteksi dini berkembangnya paham radikalisme serta kriminalitas.

“Ini diperlukan untuk meminimalisir gangguan kamtibmas lainnya sehingga kondusifitas tetap terjaga,” terangnya.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

 

Leave a Reply