Tunggakan Pelanggan PDAM LE Capai Belasan Miliar

Bak Penampungan PDAM LE. Kabarserasan.com/Amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Sekretaris Daerah Muara Enim H Hasanudin meminta managemen PDAM Lematang Enim mencari formula yang tepat untuk menagih piutang dari pelanggan.

Pasalnya, hingga akhir tahun 2017 tunggakan mencapai belasan miliar rupiah. “Sampai tahun 2017 lalu baru sekitar Rp4 miliar tunggakan terbayar, jumlah piutang yang tertagih ini berdasarkan hasil akumulasi dari beberapa tahun kebelakang,” kata Sekda ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (1/2/2018).

Sekda yang merupakan Dewan Pengawas PDAM Lematang Enim mengharapkan, piutang tersebut bisa segera direalisasikan menjadi pemasukan bagi PDAM yang diperlukan untuk pengembangan pelayanan.

“BUMD milik masyarakat Bumi Serasan Sekundang ini masih memerlukan penambahan fasilitas untuk menjamin kelancaran distribusi air bersih kepada ribuan pelanggan,” jelasnya.

Menurutnya, jika mnimalnya 50 persen bisa tertagih, tentu akan sangat membantu pengembangan PDAM LE. “Kalau berhasil managemen kan bisa melakukan pengembangan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” paparnya

Sekda juga menekankan, supaya managemen menyadari perusahaan PDAM sangat bergantung hidup kepada pelanggan.

Untuk itu, dia meminta PDAM sebisa mungkin menjaga kualitas pelayanan dan jangan sampai menerima adanya laporan buruknya pelayanan.

“Disini masih diperlukan evaluasi terhadap kinerja petugas, kita akui masih banyak kesalahan, misalnya petugas asal nembak meteran sehingga menimbulkan banyak komplain karena tagihan pelanggan tiba-tiba membengkak,” ungkapnya

Selain itu, managemen PDAM Lematang Enim juga perlu menginventarisir data seluruh pelanggan mereka yang masih aktif membayar.

Menurutnya, saat ini sudah banyak pelanggan PDAM yang sudah tak aktif misalnya pindah dan sebagainya namun tetap tercatat sebagai pelanggan.

“Inventarisasi database pelanggan sangat diperlukan untuk mengetahui jumlah rill pelanggan, kan tidak mungkin kalau pelanggan sudah tidak ada namun tetap ditagih, mustahil mereka bayar,” tutupnya.

Baca Juga: PDAM Lematang Enim dan Tirta Lematang Kerjasama Pasok Air Bersih Warga Lebuay Bandung

Penulis: Anas
Editor: Amr

Leave a Reply