Siswa SMK Ciptakan Sabun Cuci Piring Berbahan Herbal

Nasirin memperlihatkan sabun cuci hasil karyanya/ Foto: wan

Palembang, Kabarserasan.com—Seorang siswa SMK di Kota Palembang, Sumatra Selatan, berhasil menciptakan sabun cair untuk mencuci piring berbahan baku herbal. Siswa pencipta sabun ini bernama Nasirin, siswa SMK Muhammadiyah, Palembang.

Sabun herbal karya Nasirin ini sudah dilakukan pengujian dan terbukti sangat aman dipakai dan ampuh membersihkan noda minyak di piring kotor anda. Bahkan sangat efisien, karena satu botol ukuran 500 mililitter sabun cair ini dapat mencuci sebanyak seratus lima puluh buah piring kotor.

Untuk membuat 500 mililiter sabun cair herbal ini, menurut Nasirin, sebenarnya tidaklah sulit karena cukup menyiapkan bahan-bahan berupa daun pandan, jeruk nipis, garam dan texapon atau sumber buih.

Pembuatannya, pada tahap awal daun pandan dipotong kecil-kecil, lalu diberi air secukupnya dan dihaluskan menggunakan blender. Kemudian usai diambil sarinya, beri sedikit garam dan cairan texapon 20 mililiter serta cairan jeruk nipis sebanyak dua buah.

Selanjutnya, sebagai tahap akhir, endapkan bahan yang telah dicampur tadi selama dua hari hingga mengental dan siap untuk dimasukan ke dalam botol kemasan.

“Ide membuat sabun cuci piring berbahan herbal ini muncul saat melihat ibu saya mencuci piring dengan menggunakan sabun berbahan kimia yang menimbulkan bau menyegat dan sangat berbahaya. Kemudian saya mempelajari cara pembuatan sabun ini, secara herbal,” Nasirin menjelaskan pembuatan sabun cuci karyanya.

Karya sabun cair buatan Nasirin ini mendapat tanggapan positif dari pihak sekolahnya, yang memberi dukungan penuh agar karya Nasirin ini dkembangkan karena dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebagai pimpinan sekolah tempat Nasirin menuntut ilmu, tentu saja saya dan para guru di SMK Muhammadiyah palembang ini bangga dengan hasil karya anak didik kami ini. Saya akan membantunya untuk mengurus hak paten karyanya ini,” kata Sriyanti, Kepala Sekola SM Muhammadiyah Palembang.

Sabun cuci piring cair karya Nasirin ini sudah pernah dilombakan dalam olimpiade sain tingkat nasional 2017 dan berhasil meraih juara pertama. Kini sabun cair herbal ini telah dijual siswa ke sejumlah warung di Kota Palembang dengan harga Rp.6000 untuk ukuran tiga ratus mililiter. Sedangkan untuk isi 500 mililiter dijual seharga Rp.8000. (wan)

 

Leave a Reply