Jembatan Gantung di Desa Berugo Rusak Parah

Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Tanjung Kecamatan Belimbing dengan Desa Berugo perlu perbaikan segera. Kabarserasan.com

Muara Enim, Kabarserasan.com — Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Tanjung Kecamatan Belimbing dengan Desa Berugo saat ini sangat memprihatinkan.

Pantauan media ini, selain kerangka jembatan berkarat dan korosi, lantai jembatan yang membentang di atas Sungai Lematang ini juga sudah tidak ada lagi.

Kades Berugo Desi Hariani melalui Sekdes Berugo Rusdi mengatakan, kerusakan jembatan gantung itu sudah sejak setahun terakhir.

Rusdi menuturkan, lantai jembatan itu sebelumnya terbuat dari plat besi. Namun diduga karena pemasangannya yang tidak sempurna membuat plat itu mudah terlepas dan jatuh ke dalam sungai. Akibat tak kunjung dapat perbaikan, akhirnya lantai jembatan itu pun habis.

“Meski kondisinya yang sudah rusak parah, jembatan itu masih tetap digunakan siswa SMP dan SMA dari desa Tanjung untuk menyeberang ke Desa Berugo,”bebernya.

Karena jarak ke sekolah mereka yang berada di Desa Teluk Lubuk hanya sekitar 2km jika melalui jembatan itu, sedangkan jika melalui jalan lintas mereka harus menempuh jarak lebih jauh yakni sekitar 10km.

“Kalau masyarakat tidak mau lewat jembatan terpaksa harus membayar dengan menggunakan jasa perahu ketek,” lanjutnya.

“Kita berharap Pemkab Muara Enim bisa melakukan perbaikan pada jembatan ini, sehingga bisa digunakan kembali oleh masyarakat baik untuk pergi sekolah ataupun ke kebun,” pungkasnya.

Penulis: Anas
Editor: Amr

Leave a Reply