Tol Trans Sumatera Lampung Dibuka Umum, Masih Gratis

Gerbang Tol Trans Sumatera di Bakauheni, Lampung Selatan/ Foto: ano

Kalianda, Kabarserasan.com—Pasca diresmikan Presiden Joko Widodo Minggu tiga hari lalu, ruas tol Trans Sumatra di Lampung sudah mulai dibuka dan dapat dioperasikan. Kendaraan yang melintas digratiskan.

Berdasarkan pantauan, Rabu (24/01/2018) siang. ruas tol yang sudah bisa dilewati kendaraan umum yakni ruas tol paket 1 yang menghubungkan Bakauheni, dan paket 2, yakni ke Kotabaru—keduanya di wilayah Lampung Selatan.

Sayangnya, ruas jalan tol rute Pelabuhan Bakuheni menuju Kota Bandar Lampung ini belum efektiv dilalui untuk tujuan percepatan perjalanan. Untuk masuk ke Kota Bandar Lampung para pengendara harus bertele-tele dua kali keluar masuk tol.

“Pengoperasiannya juga masih digratiskan bagi semua kendaraan yang melintas. Kami sebagai pihak pengelola tol, masih menunggu tarif resmi yang dikeluarkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rrakyat (Kemen PUPR),” kata Hanung Handitio, Kepala Cabang PT Hutama Karya.

Untuk rute Pelabuhan Bakauheni-Bandar Lampung, pengendara harus keluar masuk gerbang tol dan justru sebagian besar masih melewati Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Jalan Soekarno-Hatta.

Dari Pelabuhan Bakauheni, pengendara masuk ke jalur tol melalui gerbang Tol Bakauheni Selatan yang panjangnya 8,9 KM, dan keluar lagi ke Jalinsum melalui gerbang Tol Bakauheni Utara. Lalu, pengendara akan masuk kembali ke gerbang Tol Lematang, Lampung Selatan melalui Jalan Sutami, Kecamatan Panjang, Bandar lampung.

Di jalur ini pengendara hanya menempuh jarak 5,6 KM dan harus kembali keluar ke Jalinsum Soekarno-Hatta, di kawasan Sukarame, Bandar Lampung, melalui gerbang TolKkotabaru. (ano)

Leave a Reply