Terima Keluhan Pelayanan Buruk Buat e-KTP, Wabup Lamteng Sidak

Wabup Lamung Tengah saat melakukan sidak/ Foto: ano

Bandarjaya, Kabarserasan.com—Karena mendapat laporan buruknya pelayanan pembuatan KTP Elektronik (e-KTP), Wakil Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyo Soemarto, Rabu (24/01/2018) pagi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Dalam Sidak ini, Loekman melihat kebenaran laporan yang ia terima. Pelayanan warga dalam hal pembuatan e-KTP dinilai lamban, salah satunya karena terbatasnya fasilitas yang tersedia. Begitu pula peralatan komputer untuk perekaman data pemohon.

“Yang paling lama adalah persiapan berkas pemohon dari warga sendiri yang sering kurang lengkap saat sudah mendatangi kantor Disduk Capil. Dampaknya, pembuatan e-KTP jadi lama bahkan berhari-hari,” ujar Loekman.

Dalam sidaknya ini, Loekman sudah minta aparat Disdukcapil untuk berusaha memberikan pelayanan terbaik, juga berhati hari untuk mengantisipasi terjadinya data fiktif yang diajukan oleh pemohon.

Menurut Loekman, budaya data kependudukan di Disdukcapil jelang Pilkada memang rawan bertambah karena disalahgunakan oleh oknum pelaku politik untuk mendulang suara. (ano)

Leave a Reply