7 Kecamatan Dapat Bantuan Fasilitas TPS 3R

Ahmad Imam Mahmudi saat mencoba motor roda tiga yang diserahkan kepada KSM di 7 kecamatan

Muara Enim, Kabarserasan.com — Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, H Giri Ramanda Kiemas, melalui Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPC PDI-P Perjuangan Muara Enim, Akhmad Imam Mahmudi menyerahkan bantuan kepada tujuh kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Bantuan diserahkan langsung kepada perwakilan kelompok swadaya masyarakat (KSM) di Halaman Kantor DPC PDI Perjuangan Muara Enim, Selasa (23/1/2018).

“Bantuan yang diberikan berupa bangunan dan fasilitas Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, Rcycle atau TPS 3R. Bantuan tersebut berasal dari dana aspirasi Ketua DPRD Sumsel, Bapak H Giri Ramand Kiemas,” ujar Imam.

Adapun kecamatan yang mendapat bantuan adalah Kecamatan Gelumbang, Rambang Dangku, Rambang, Ujan Mas, Lawang Kidul, Tanjung Agung, dan Gunung Megang.

Selain itu, juga diserahkan sebanyak 7 unit sepada motor gerobak roda tiga merk Viar dan 14 unit mesin pencacah plastik dan kompos. Selain itu ditujuh Kecamatan juga sudah dibangun bangunan TPS.

“Adapun totalnya bantuan TPS 3R yang diserahkan untuk tiap Kecamatan mencapai Rp500 juta,”paparnya.

Lebih lanjut, Imam menuturkan bantuan ini murni berasal dari dana aspirasi Ketua DPRD Sumsel H Giri Ramanda Kiemas dalam upaya mengatasi persoalan sampah di wilayah Kecamatan Muara Enim.

Menurutnya, bantuan untuk TPS 3R sejalan dengan pemerintah pusat yang kini sedang mengencarkan program Sanitasi Berbasis masyarakat atau Sanimas.

“Bantuan ini merupakan dukungan untuk program peningkatan kualitas lingkungan di bidang sanitasi khususnya pengelolaan sampah dan limbah,” jelasnya

Selain itu, program pembangunan TPS 3R, lanjut Imam juga mendukung program Pemerintah Kabupaten Muaraenim. Lewat penggalangan sampah ini, Imam meyakini bisa menjadi ruang perekonomian bagi masyarakat desa setempat.

“Pastinya progam ini memberi banyak efek positif bagi masyarakat, khususnya bidang sampah bisa teratasi dan perekomian bisa terangkat,”ucapnya.

Lanjutnya dalam waktu dekat, juga akan ada pelatihan pelatihan oleh dinas Pekerjaan umum cipta karya provinsi dan BLH Kabupaten Muaraenim.

“TPS 3 R ini akan beriperasi setidaknya awal maret, sehingga permasalahan sampah teratasi dan perekonomian masyarakat meningkat dengan pengelolaan sampah karen bisa dijual kembali,” terangnya.

Sementara itu, Nopi Andriansyah penerima dari kecamatan dari Kecamatan Ujan Mas mengaku sangat berterimakasih dengan bantuan yang diberikan oleh Giri Ramanda. “Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan ini sangat menyentuh masyarakat,” tukasnya.(Anas)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here