KPU Muara Enim Coklit 5.270 Rumah

Ketua KPU Sumsel Aspahani didampingi Ketua KPU Muara Enim Rohani menyerahkan tanda petugas Coklit kepada 2 anggota PPDP. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Ketua KPU Sumsel Aspahani memimpin langsung apel kesiapan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dalam rangka Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak se-Indonesia di Kantor KPU Muara Enim, Sabtu (20/1/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner serta sekretariat KPU Muara Enim, PPK Muara Enim, PPS dan PPDP se-Kecamatan Muaraenim.

Aspahani mengatakan kegiatan Coklit dilaksanakan tanggal 20 Januari hingga 18 Februari mendatang. Untuk di Kabupaten Muaraenim, jumlah PPDP sebanyak 1.054 orang.

“Setiap PPDP nantinya akan mencoklit minimal 5 rumah, jadi di Kabupaten Muara Enim hari ini sebanyak 5.270 rumah akan dicoklit,” kata Aspahani didampingi Ketua KPU Muara Enim Rohani dan Komisioner divisi Program dan Data Eko Suprianto, usai apel.

Dia menjelaskan, PPDP bertugas mencoklit data pada model A-KWK yang didapat dari Kementerian Dalam Negeri dan DPT Pilpres tahun 2014.

“PPDP akan mendatangi ke rumah untuk mendata pemilih yang ada dalam rumah tersebut, apakah sesuai dengan di lapangan. Data hasil coklit nantinya akan diolah kembali menjadi DPS hingga ditetapkan menjadi DPT pada bulan April nanti,” terangnya.

Hasil Coklit sendiri, tambah Aspahani, bisa berupa penambahan data, karena adanya pemilih yang umurnya sudah 17 tahun, bisa juga berupa pengurangan karena adanya pemilih meninggal dunia atau pindah alamat.

“Dalam mencoklit, PPDP juga akan mendata pemilih pemula, seperti anak-anak kelas 2 atau 3 SMA yang sudah berumur 17 tahun, namun belum memiliki KTP. Selain itu PPDP juga mendata pemilih disabilitas, jadi bisa disiapkan akses untuk mereka untuk menyalurkan hak pilihnya,” ungkapnya.

Usai apel, Aspahani memonitoring proses Coklit yang dilakukan PPDP di Kelurahan Air Lintang, yakni Kediaman Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar, Sekda Muara Enim H Hasanuddin, tokoh masyarakat Upandi Said, Djusni serta di Kelurahan Pasar III Muaraenim dikediaman pemilih disabilitas Sugeng. (Anas)

Leave a Reply