PJR Polda Sumsel Turun Tangan, Belasan Kendaraan Angkutan Batubara Dikandangkan

Razia penertiban angkutan batubara oleh Induk 02-PJR TEL Polda Sumsel. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com —Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan dan Satuan Lalu Lintas Polres Muara Enim menggelar razia penertiban angkutan batubara yang melintas di Jl. Ahmad Yani Kota Muara Enim, Jumat (19/1/2018).

Kepala Induk 02-PRJ TeL Polda Sumsel AKP Hikmat S didampingi Kepala Unit PJR IPTU Ahmad Yani mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk menindak pelanggaran yang dilakukan angkutan batubara.

AKP Hikmat menegaskan, razia ini digelar juga untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya yang kerap disebabkan oleh angkutan batubara.

“Karena muatan yang melebihi ditambah kondisi mobil yang mungkin kurang prima serta sopir yang mungkin juga belum dilengkapi SIM, makanya sering menyebabkan kecelakaan,” paparnya.

Razia yang dilaksanakan pada pukul 16:00-18:00 ini menindak puluhan kendaraan. Pelanggaran didominasi oleh kendaraan kelebihan muatan.

Selain itu menilang angkutan batubara yang melanggra, belasan angkutan batubara juga dikandangkan di halaman Satlantas Polres Muaraenim karena tidak memiliki kelengkapan surat.

“Bagi kendaraan yang surat-suratnya lengkap, namun muatannya melebihi, hanya dilakukan tilang dan penahanan STNK. Namun untuk sopir yang tidak dapat menunjukkan SIM, STNK atau KIRnya mati, kendaraannya kita tahan,” ujar Hikmat.

Sementara itu, Suwito Maryono salah satu sopir angkutan batubara yang kena tilang mengatakan, dirinya ditilang karena kelebihan muatan. Diakuinya, jika dia sudah sering membawa angkutan yang muatannya melebihi, namun baru kali ini ditilang. “Sudah sering Pak bawa muatan lebih, baru kali ini kena tilang,” tukasnya.

Baca Juga:Tabrak Truk Batubara, Pelajar Meregang Nyawa

Salah satu sopir angkutan batubara yang enggan disebutkan namanya mengaku jika memang sengaja membawa angkutan dengan muatan yang lebih. “Muatan lebih inilah kak ambek an kami. Kalo dak lebih (muatannya) makmano kami nak makan di jalan,” cetusnya. (Anas)

Leave a Reply