Anak Kecil Temukan Granat Aktiv, Sempat Dijadikan Mainan

Lokasi penemuan granat yang diamankan polisi/ Foto: ano

Kalianda, Kabarserasan.com—Warga Desa Hatta, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Kamis (18/01/2018) siang, digegerkan dengan penemuan sebuah granat aktif di semak bulukar di tengah pemukiman warga.

Granat berbentuk bulat mirip tabung gas elpiji 3 kilogram itu ditemukan sejumlah anak, tergeletak di semak belukar dan sempat dijadikan mainan oleh mereka sebelum akhirnya diserahkan ke polisi.

“Waktu saya berjalan di dekat semak-semak itu kami melihat ada benda bulat, keras dan terbuat dari besi. Oleh saya dan teman-teman itu dijadikan sepak-sepakan. Lalu ada yang melihatnya aneh, kemudian beberapa orang mengtakan itu granat,” kata Norman, salah satu anak yang mengaku menemukan benda bahan peledak ini.

Dari hasil penyelidikan polisi, granat tersebut masih aktif dan memiliki daya ledak tinggi. Kuat dugaan granat merupakan sisa peninggalakan zaman perang dunia kedua lampau. Kini benda berbahan peledak tu diamankan tim gegana Brimob Polda Lampung.

“Ya, sudah kita amankan, dan slanjutnya diserahkan ke tim gegana. Kami imbau warga untuk berhati-hati jika menemukan benda serupa, dan segera melaporkan ke polisi. Kami berterima kasih, atas penemuan ini warga sudah melaporkannya,” kata Kapolres Lampung Selatab, AKBP M Syarhan.

Kasus penemuan granat ini masih dalam penyelidikan polisi untik memastikan ada atau tidaknya lagi granat lain di lokasi yang masih tertinggal. (ano)

Leave a Reply