Apel Bersama TNI-Polri, Kapolda Berharap Sinergitas Lahir Batin

Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS dan Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal. Kabarserasan.com/Azi

Jambi, Kabarserasan.com — Suatu yang langka terjadi di Jambi. Dua pejabat tinggi di TNI-Polri yang notabene putra daerah menggelar apel bersama, yakni Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS dan Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal.

Itu terjadi, saat Kapolda Jambi menggelar upacara bersama di lapangan balai prajurit Korem 042/Garuda Putih di kawasan Telanaipura, Kota Jambi, Selasa (16/1/2018).

Bagi Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS, mungkin tidak banyak pejabat Jambi yang percaya bahwa pimpinan TNI dan Polri di Jambi adalah putra terbaik Jambi.

“Ini merupakan wujud kebersamaan dan berkesinambungan. TNI dan Polri harus tetap solid bersama, saling memberi, menerima dan mengasihi. Bila TNI sakit, Polri juga sakit. Begitu juga sebaliknya,” tegas Kapolda usai apel bersama.

Menurutnya, dibutuhkan kesadaran bersama agar negara tetap utuh. Disamping itu, untuk mengantisipasi perpecahan, TNI-Polri dan masyarakat bersatu bahu membahu menjaga keamanan agar tetap kondusif.

“Ibaratnya sapu lidi, bila satu lidi bisa untuk memukul lalat, sedangkan bila banyak lidinya bisa untuk menyapu membersihkan sampah,” ujar Muchlis.

Kapolda berharap, hubungan TNI-Polri semakin intens terutama ditingkat terkecil.

“Jangan hanya ditingkat atas hubungan baik, tapi tingkat terkecil, mulai dari babinsa dan babinkamtibmas, kapolsek dan danramil hingga kapolres dan dandim,” tuturnya.

Begitu juga dalam tugas, Kapolda meminta kepada Danrem bila ada menemukan ada anggota yang nakal agar menegurnya.

“Tolong Pak Danrem menegurnya atau laporkan ke saya. Jangan ada yang berbenturan. Kami sama-sama orang Jambi dan pensiun di Jambi. Karena itu kami ingin mewujudkan Jambi yang beradat lebih baik dari sebelumnya. Sinergitas lahir dan batin,” tegas Muchlis.

Sedangkan Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal menyambut baik kegiatan ini. “Ini suatu silaturahmi yang baik, hormat menghormati dan saling harga menghargai,” katanya.

Diakui Refrizal, dalam setiap kegiatannya, pihak TNI selalu menyertai polisi. “Intinya sinergitas lahir batin,” tegasnya.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply