Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Tes Kesehatan di RSUP dr Muhammad Hoesin Palembang

Komisioner KPU Divisi Teknis Ahyaudin

Muara Enim, Kabarserasan.com – KPU Muara Enim akan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) saat melaksanakan test kesehatan bagi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim periode 2018-2023.

Ketua KPU Muara Enim Rohani melalui Komisioner Divisi Teknis Ahyaudin mengungkapkan, tes kesehatan dijadwalkan tanggal 11 hingga 14 Januari 2018 mendatang.

“Sesuai ketentuan KPU bekerjasama dengan BNN, IDI, HIMPSI untuk pemeriksaan kesehatan pasangan calon,” kata Komisioner KPU Divisi Teknis Ahyaudin belum lama ini.

Ahyaudin menjelaskan, setelah diadakan rapat, ketiga lembaga itu telah merekomendasikan rumah sakit yang akan digunakan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan, yakni RSUP dr Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang lantaran bertipe A dan milik pemerintah.

“Jadwalnya, tanggal 11 Januari pemeriksaan rohani dan bebas penyalahgunaan Narkotika. Sedangkan untuk pemeriksaan jasmani diagendakan tanggal 12 hingga 14 Januari. Pemeriksaan seluruhnya bertempat di RSMH,” imbuhnya.

Adapun mekanisme pemeriksaan, KPU sepenuhnya menyerahkan hal itu kepada tim pemeriksa kesehatan.

“KPU hanya menerima hasil, apakah calon memenuhi syarat atau tidak, setelah tim pemeriksa kesehatan mengadakan rapat pleno. Dan perlu diingat oleh semua bakal calon, hasil pemeriksaan kesehatan ini bersifat final dan mengikat, tidak ada pemeriksaan pembanding,” tegasnya.

Penulis: Anas
Editor: Amr

Leave a Reply