Tahun Baru, Polresta Bandar Lampung Terapkan Pembuatan SKCK Daring

pelayananan SKCK (ilustrasi)

Bandar Lampung, Kabarserasan.com — Hari pertama kerja pasca libur tahun baru 2018, kantor pelayanan pembuatan SKCK Polresta Bandar Lampung ramai kedatangan puluhan warga.

Kedatangan warga pada umumnya adalah pemuda pemudi ini untuk mengurus pembuatan surat keterangan catatan kepolisian atau skck/ sebagai salah satu sarat untuk melamar pekerjaan.

Pada hari pertama kerja tahun 2018, Polresta Bandar Lampung juga sudah menerapkan sistem online (daring) dalam pengambilan sidik jari kepada pemohon SKCK.

“Setelah mengisi berkas indentitas data pribadi, para pemohon SKCK umumnya masih kita pandu dalam pengambilan sidik jari, karena proses ini masi baru di Bandar Lampung,” kata Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Harto Agung Cahyono, Selasa (2/1/2018).

Kompol Harto Agung menuturkan, proses online dalam pembuatan SKCK ini baru dilakukan Polresta Bandar Lampung setelah mendapat bantuan alat dari Mabes Polri.

”Proses pengambilan sidik jari secara online ini bertujuan untuk pembuatan SKCK palsu serta mempermudah indetifikasi pelaku kejahatan oleh polisi,” jelasnya.

Selain itu, proses pembuatanSKCK secara online ini bertujuan pemohon tidak lagi repot wira wiri keliling antar ruang satuan di kepolisian dalam pengurusanya.

Pada proses pembuatan SKCK di Polresta Bandar Lampung dipastikan jadi pada hari yang sama tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Proses pembuatan SKCK adalah pemohon datang langsung ke polisi, melakukan proses pengisian berkas data diri dan proses pengambilan sidik jari. Seluruh berkas pemohon skck kemudian terkoneksikan ke bagian satuan intel sebagai pihak penerbit lembar skck,” terangnya.

Penulis: Ano
Editor: Amr

Leave a Reply