Di Wilayah Hukum Polres Muara Enim, Kasus Narkoba Meningkat

Wabup Nurul Aman dan Kapolres Muara Enim AKBP Andi Gunawan saat press release. Kabarserasan.com

Muara Enim , Kabarserasan. com — Sepanjang tahun 2017 angka kejahatan di wilayah Kabupaten Muara Enim mengalami penurunan signifikan dibanding tahun 2016 lalu. Meski demikian, jumlah kasus narkoba mengalami lonjakan drastis di tahun 2017.

Hal ini terungkap dalam kegiatan press release akhir tahun 2017 Polres Muara Enim yang digelar di Kantor Polres Muara Enim, Minggu (31/12/2017) kemarin.

Press rilis dihadiri langsung Kapolres Muara Enim AKPB Leo Andi Gunawan, Wakil Bupati H Nurul Aman dan Wakil Komandam Kodim 0404 Muara Enim, Irwanda.

Kapolres Muara Enim AKPB Leo Andi Gunawan mengatakan sepanjang tahun 2017 kasus yang ditangani berjumlah 732 kasus atau menurun 125 kasus sekitar 14,58 persen dari tahun 2016 lalu.

Adapun tindak kejahatan di wilayah Muaraenim masih didominasi kasus 3C yakni Curat, Curas dan Curanmor.

“Tahun 2017 masih didominasi kasus 3C namun ada penurunan dari tahun lalu, jumlah persentasenya curat 34 persen, curas 31 persen, pemerasan 38 persen, serta kasus sajam 28 persen,” kata Leo.

Dikatakannya, tahun 2017 pihaknya juga mencatatkan kasus narkoba yang melonjak drastis yakni berjumlah 112 kasus dengan jumlah tersangka diamankan sebanyak 162 orang. Padahal ditahun 2016 lalu, kasus narkoba tercatat 66 kasus dengan 104 tersangka ditahan.

“Jumlah kasus narkoba naik 69 persen, jenis barang bukti yang paling banyak disita adalah Sabu-sabu, meningkatnya kasus narkoba juga disebabkan makin maraknya peredaran di wilayah PALI,” ujarnya

Leo menyebut kasus kejahatan terbanyak terjadi di wilayah kecamatan Muaraenim dengan total 183 kasus. Sementara wilayah kedua di Kecamatan Talang Ubi, PALI berjumlah 91 kasus dan ketiga di Kecamatan Rambang Dangku sebanyak 74 kasus.

Sedangkan terkait kasus paling menonjol ditahun 2017, Leo memaparkan ada beberapa kasus yang berhasil ditangani jajaran Polres Muaraenim. Diantaranya kasus curanmor di 8 TKP dengan 1 tersangka tewas yakni Pariansyah (40) warga desa Kepur Muaraenim.

Selanjutnya 4 kasus curas yakni di Desa Tambak Kecamatan Penukal Utara dengan tersangka tewas bernama Tomi (27). Kasus curas di Bank BRI Cabang Penukal Abab dengan 4 tersangka ditangkap dan perampokan nasabah bank Sumsell Babel di Gelumbang dengan 4 tersangka diringkus.

“Tim satnarkoba Polres Muaraenim juga berhasil membekuk jaringan narkoba wilayah PALI dan Air itam, dan penangkapan teroris baru-baru ini diwilayah desa Lubay bersama Densus 88 Polda Sumatera Selatan,” paparnya.

Leo menambahkan, menghadapi tahun 2018, Polres Muaraensim dihadapkan sejumlah agenda penting yang penyelengaraannya tinggal beberapa bulan di Kota Palembang. Serta tak kalah pentingnya mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muaraenim pada Juni 2018 nanti.

“Selain itu kami masih menghadapi sejumlah permasalahan sosial lainnya yakni aktivitas tambang batubara ilegal dan angkutan batubara yang kerap menyebabkan kecelakaan dan kemacetan di sejumlah ruas jalan wilayah Muara Enim,” jelasnya.

Penulis: Anas
Editor: Amri

Leave a Reply