Sungai Meluap Akibat Diguyur Hujan, Ratusan Rumah Terendam

Banjir yang melanda Kota Kotabumi, Lampung Utara/ Foto: ano

Kotabumi, Kabarserasan.com—Akibat diguyur hujan lebat hampir sepanjang malam, ratusan rumah di tiga kecamatan di Kota Kotabumi, Lampung Utara, Jumat (29/12/2017) pagi terendam banjir.

Hujan lebat di Kotabumi, membuat Sungai Way Abung meluap dan mengaliri pemukiman warga, dengan ketinggian air rata-rata mencapai satu meter, yang memaksa sebagian warga mengungsi dan merelakan harta benda mereka rusak terendam air karena tidak sempat terevakuasi.

Salah satu wilayah yang terendam banjir adalah pemukiman warga di Kelurahan Kelapa Tujuh, di mana sebagian besar rumah warga—terutama di sepanjang bantaran sungai, terendam banjir. Bahkan belasan sepeda motor milik warga jadi rusak akibat direndam air.

“Harta benda milik warga banyak yang rusak karena tidak sempat dibawa. Kami lebih memprioritaskan keselamatan nyawa, maka harta benda termasuk sepeda motor terpaksa kami tinggal ke pengungsian,” kata Johansyah, salah seorang warga.

Menyikapi ini, aparat gabungan dari BPBD, kepolisian dan TNI terjun membantu evakuasi warga, sekaligus menyiapkan tempat-tempat pengungsian sementara. Kecamatan yang terkena rendaman di antaranya Kecamatan Kotabumi, Kotabumi Selatan,Way Abung. (ano)

 

Leave a Reply