KPU Muara Enim “Launching” Tahapan Pilkada

Peluncuran tahapan Pilkada Muara Enim 2018. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan. com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muara Enim menggelar kegiatan peluncuran tahapan Pilkada Muara Enim 2018.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Kamis (28/12/2017) diramaikan 100 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 800 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Muara Enim.

Ketua Komisioner KPU Rohani mengatakan, dengan digelarnya kegiatan tersebut menyatakan bahwa KPU Muara Enim telah siap melaksanakan Pilkada yang akan diselenggarakan 27 Juni 2018 mendatang.

Pada kesempatan itu, Rohani juga mengatakan, tanggal 8 hingga 10 Januari 2019 mendatang KPU Muara Enim akan membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada Muara Enim. Dia berharap semua calon kepala daerah dapat mengikuti tahapan tersebut.

“Semoga Pilkada Muara Enim dapat berlangsung sukses berkualitas sehingga dapat melahirkan pemimpin sesuai harapan masyarakat. Ayo nyoblos, jangan golput, tolak money politik!,” tegas Rohani.

Sementara itu, Ketua Komisioner KPU Sumsel Aspahani mengungkap, ada tiga aspek kesiapan pelaksanaan Pilkada, anggaran yang cukup dan tercukupkan, perangkat pelaksana atau penyelenggara Pilkada dan kontestan yang akan ikut Pilkada. “Di Muaraenim, saya lihat semuanya sudah siap,” ungkapnya.

Pilkada Muaraenim, kata Aspahani diprediksi akan diikuti tiga atau empat pasang calon. Menurutnya, semakin banyak pasangan calon yang ikut berkompetisi maka pelaksanaan demokrasi juga akan semakin baik. “Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Muaraenim melebih target partisipasi pemilih nasional yakni 77 persen,” imbuhnya.

Dirinya berharap pemilih di Muaraenim tidak gampang dipengaruhi oleh uang untuk memilih calon tertentu. Karena hal tersebut tidak dibenarkan secara hukum negara dan agama.

“Mari gunakan hak pilih sebaik-baiknya, jangan golput karena satu suara rakyat dapat menentukan nasib daerah. Semoga pelaksanaan Pilkada Muaraenim menjadi yang terbaik,” pungkasnya.

Pada kegiatan itu juga dilaksanakan pemukulan bedug dan pelepasan balon tanda diluncurkannya Pilkada Muaraenim 2019. Kemudian dilanjutkan penyerahan sepeda motor untuk operasional dari Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar kepada PPK se-kecamatan Muaraenim.

Turut hadir pada acara itu, wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, Ketua Panwaslu Muaraenim, anggota DPRD Muaraenim, OPD, OKP, Komisioner KPU daerah tetangga dan undangan lainnya.(azw)

Penulis: Anas
Editor:Amr

Leave a Reply